20 April 2023

TKDN IK untuk Optimalkan Penggunaan Produk Lokal

Pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat didukung dengan adanya berbagai industri kecil dalam negeri yang berhasil tumbuh dan berkembang hingga dapat menembus pasar global. Salah satu program pemerintah yang dilakukan untuk mendorong pertumbuhan industri kecil di Indonesia adalah TKDN IK. Dengan adanya TKDN IK, diharapkan banyak warga Indonesia yang termotivasi untuk membangun industri kecil dengan memperhatikan aspek TKDN IK agar produknya dapat memiliki kualitas yang terjaga dan bersaing secara global. Namun sebenarnya, apa yang dimaksud dengan TKDN IK?

Apa Itu TKDN IK?

TKDN IK adalah singkatan dari Tingkat Komponen Dalam Negeri untuk Industri Kecil, di mana mengacu pada persentase dari nilai produksi atau investasi suatu produk atau layanan industri kecil yang dibuat dengan bahan atau jasa yang diproduksi di dalam negeri. TKDN IK digagas oleh pemerintah untuk mempercepat, mempermudah, serta memperbanyak sertifikat TKDN dalam rangka peningkatan penggunaan produk dalam negeri melalui belanja pemerintah, BUMN, maupun BUMD.

TKDN IK berperan sebagai sarana yang dapat membantu meningkatkan kemampuan daya saing industri kecil dalam negeri, dengan mendorong penggunaan bahan baku, jasa, atau teknologi yang diproduksi dan dikembangkan di dalam negeri. Selain itu, TKDN IK juga merupakan bagian dari upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia, yang meliputi berbagai sektor seperti seni dan budaya, media dan informasi, arsitektur, desain, fashion, kuliner, dan sebagainya.

Sosialisasi Kemenperin TKDN IK

Dalam rangka memperluas dan meningkatkan pemahaman tentang konsep TKDN IK, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melakukan sosialisasi TKDN IK kepada para pelaku industri kecil dan kreatif di Indonesia. Sosialisasi ini dilakukan melalui berbagai cara, antara lain:

1. Seminar dan Workshop

Kemenperin menyelenggarakan berbagai seminar dan workshop yang membahas mengenai TKDN IK serta bagaimana menerapkannya dalam industri kecil di Indonesia. Seminar dan workshop ini umumnya dihadiri oleh pelaku industri kecil, akademisi, dan anggota pemerintahan.

2. Campaign

Kemenperin juga melaksanakan berbagai campaign melalui media sosial dan website resmi Kemenperin. Tujuannya adalah untuk menyebarluaskan informasi tentang TKDN IK agar mencapai target audiens yang lebih menyeluruh.

3. Pelatihan dan Sertifikasi

Kemenperin juga menyediakan berbagai pelatihan dan sertifikasi TKDN IK bagi pelaku industri kecil. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan industri kecil dalam memenuhi standar TKDN IK yang ditetapkan oleh pemerintah. Selain itu, Kemenperin juga memberikan layanan konsultasi bagi industri kecil yang ingin menanyakan mengenai prosedur sertifikasi TKDN IK.

Dengan adanya sosialisasi dari Kemenperin, diharapkan semakin banyak industri yang mendaftarkan produknya untuk mendapatkan sertifikasi TKDN. Salah satu perusahaan di Indonesia yang senantiasa mendukung program pemerintah dalam meningkatkan TKDN pada produk-produk buatan dalam negeri adalah Acer Indonesia. Dukungan Acer dilaksanakan melalui produksi berbagai perangkat teknologi yang dapat menunjang kebutuhan masyarakat di Indonesia.

Dukungan Acer untuk Program TKDN

Acer sebagai perusahaan ICT terkemuka di dunia serta sebagai pemain utama di industri PC Indonesia, senantiasa mendukung penuh program pemerintah untuk penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN) dengan menghadirkan produk-produk yang berkualitas dan memenuhi persyaratan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan Bobot Manfaat Perusahaan (BMP) lebih dari 40%. Produk Dalam Negeri Acer for Indonesia yang telah memenuhi kriteria TKDN, meliputi laptop, Chromebook, Windows Notebook, PC All in One (AIO), Desktop, Server, Monitor, dan Projector.

Beberapa produk TKDN Acer for Indonesia antara lain:

1. Veriton N4

Acer Veriton N4 merupakan desktop dengan desain yang ringkas dan dapat dipasang di belakang monitor. Desktop satu ini juga dibekali dengan prosesor gahar hingga Intel® Core i7, namun tetap hemat daya. Memori yang dimiliki mencapai 64GB DDR4 dengan kapasitas penyimpanan hingga 1TB SSD M.2 NVME / 2TB HDD.

Desktop ini juga dilengkapi Wi-Fi 6 dan Bluetooth® 5. Selain itu, terdapat juga Windows 11 Pro / Windows 11 Home yang dapat menemani kegiatan produktif Anda, baik untuk urusan pendidikan maupun perkantoran.

2. Acer Chromebook R752TN

Acer Chromebook R752TN merupakan Chromebook yang dapat digunakan sebagai tablet. Chromebook ini dapat dilipat dengan layar sentuh disertai Acer Active Pen (Powered by Wacom). Chromebook ini juga memiliki prosesor Intel® Celeron® N4120 dengan sistem operasi Chrome OS, sehingga dapat diandalkan untuk mengerjakan berbagai aktivitas online.

Chromebook R752TN memiliki ukuran layar yang lebih compact, yakni sebesar 11.6″ dengan teknologi IPS (In-Plane Switching). Resolusi layar yang dimiliki HD 1366 x 768 dengan high-brightness LED-backlit TFT LCD dan grafis Intel® UHD Graphic 600. Penyimpanan internal Acer Chromebook R752TN adalah sebesar 4 GB onboard LPDDR4 dengan 32GB eMMC. Daya tahan baterainya pun tinggi hingga mencapai 10 jam.

3. Acer LCD V Monitor

Contoh produk TKDN Acer for Indonesia selanjutnya yakni Acer LCD V Monitor. Monitor ini dibekali dengan warna yang cerah serta layar dengan rasio kontras tinggi. Ukuran layar monitor ini adalah 19,5″, sangat cocok digunakan untuk keperluan pribadi di rumah, maupun keperluan instansi. Monitor ini memiliki resolusi tinggi hingga 1600 × 900 dengan input port HDMI & VGA. selain itu, layar Acer LCD V Monitor ini juga dibekali 200 nits brightness.

Dengan mendukung program TKDN Nasional, Acer turut serta mengambil peran dalam membangun bangsa melalui pemanfaatan sumber daya di Indonesia serta mendorong kemajuan industri dan ekonomi secara menyeluruh. Acer juga senantiasa memberikan jaminan bahwa kualitas produk yang dihasilkan akan selalu memenuhi standar terbaik di kelasnya. Sebagai perusahaan berkualitas internasional, Acer memberikan nilai lebih ke pasar nasional dengan menghadirkan inovasi perangkat teknologi yang dapat menunjang beragam produktivitas.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya