17 Agustus 2023

Pentingnya Transformasi Digital dan Dampaknya pada Pendidikan di Indonesia

Transformasi digital saat ini telah menjadi faktor penting yang diutamakan penerapannya di Indonesia. Hal ini didukung dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang membawa perubahan besar pada proses bisnis yang berlaku di berbagai bidang kehidupan. Sejak pandemi Covid 19, berbagai aktivitas dan proses bisnis di Indonesia perlahan beralih dari yang sepenuhnya dilakukan secara offline, menjadi hybrid (gabungan online dan offline), termasuk aktivitas di dunia pendidikan. Lalu, seperti apa transformasi digital dilakukan di Indonesia? Sebelum membahas hal tersebut, ketahui terlebih dahulu mengenai pengertian dari transformasi digital berikut ini.

Apa Itu Transformasi Digital?

Transformasi digital adalah proses pemanfaatan teknologi digital untuk membawa perubahan secara signifikan dalam berbagai aspek kehidupan. 

Konsep ini sudah muncul sejak era revolusi industri 3.0 ketika komputer dan software mulai dikembangkan. Namun, konsep ini semakin berkembang pesat di era sekarang di mana perkembangan dari teknologi analog menuju teknologi digital sedang gencar dilakukan hampir di seluruh aspek kehidupan. Dengan adanya transformasi digital, proses operasional secara keseluruhan dapat lebih ditingkatkan.

Tujuan Transformasi Digital

Beberapa tujuan yang dapat dicapai dengan adanya transformasi digital antara lain:

1. Meningkatkan produktivitas

Transformasi digital dapat meningkatkan produktivitas seseorang, baik dalam pekerjaan individu maupun pekerjaan tim akibat adanya otomatisasi proses oleh sistem digital.

2. Proses bisnis menjadi lebih efektif dan efisien

Adanya teknologi digital dapat membuat pemrosesan data menjadi lebih cepat, kolaborasi tim menjadi lebih efektif, serta meminimalisir biaya yang dibutuhkan, sehingga proses bisnis menjadi lebih efisien.

3. Pengalaman pengguna yang lebih baik 

Transformasi digital juga dapat membuat pengalaman pengguna (user experience) menjadi lebih baik akibat kualitas pelayanan yang lebih meningkat, sehingga memenuhi ekspektasi individu sebagai pengguna layanan.

Jenis-Jenis Transformasi Digital

Dalam mengatasi permasalahan dan memenuhi kebutuhan pasar yang berubah, banyak perusahaan dan industri yang melakukan transformasi digital. Transformasi digital yang diterapkan oleh perusahaan dan industri memiliki berbagai jenis, antara lain sebagai berikut:

1. Transformasi Digital Proses Bisnis

Merupakan transformasi digital yang berfokus pada peningkatan efisiensi dan produktivitas melalui otomatisasi proses bisnis dan pemrosesan data yang lebih cepat. Transformasi digital proses bisnis memiliki tujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses bisnis, seperti pemrosesan pesanan, pembayaran, dan sebagainya.

2. Transformasi Digital Model Bisnis

Merupakan transformasi digital yang berfokus pada penggunaan teknologi untuk meningkatkan model bisnis dan memperluas pasar. Transformasi digital model bisnis bertujuan untuk memperluas bisnis dan memperkenalkan produk dan layanan baru ke pasar yang lebih luas.

3. Transformasi Digital Domain Bisnis

Merupakan transformasi digital yang berfokus pada penggunaan teknologi untuk meningkatkan domain bisnis dan memperkuat posisi kompetitif. Transformasi digital domain bisnis bertujuan untuk memperkuat bisnis dan mempertahankan posisi kompetitif dalam industri.

4. Transformasi Digital Organisasi atau Budaya 

Merupakan transformasi digital yang berfokus pada perubahan cara kerja dan budaya dalam organisasi untuk meningkatkan kolaborasi dan inovasi. Transformasi digital organisasi atau budaya bertujuan untuk mempermudah kerja tim dan mempercepat proses bisnis serta memperkuat budaya inovasi dalam organisasi.

Penerapan Transformasi Digital

Untuk menerapkan transformasi digital, diperlukan analisis, strategi, dan implementasi yang tepat supaya bisa mencapai tujuan bisnis yang diinginkan. Langkah-langkah penting dalam penerapan transformasi digital, yaitu sebagai berikut:

  • Menentukan tujuan dan strategi
  • Melakukan analisis sistem dan proses
  • Mengimplementasi teknologi
  • Melaksanakan pelatihan dan adaptasi
  • Melakukan pengukuran dan mengevaluasi

Contoh Transformasi Digital di Indonesia

Contoh transformasi digital di Indonesia dapat dilihat dari beralihnya berbagai proses bisnis dari yang sebelumnya dilakukan secara manual dan offline, menjadi otomatis dan online. Misalnya, di bidang kesehatan. Sebelum adanya transformasi digital, masyarakat Indonesia harus mengantri secara manual untuk mendaftarkan diri sebelum dilakukan pemeriksaan oleh dokter. Namun, saat ini, sudah tersedia pendaftaran secara online sehingga kita tidak perlu mengantri lama dan langsung datang pada waktu yang sudah dijanjikan.

Contoh lainnya yaitu di bidang pendidikan. Ketika pandemi Covid 19 melanda Indonesia, pelaksanaan pembelajaran terpaksa harus dilakukan secara online karena guru dan murid tidak bisa berkumpul di satu ruangan yang sama. Namun, adanya pandemi ini justru dapat mempercepat implementasi transformasi digital di bidang pendidikan karena satuan pendidikan dapat segera menerapkan digitalisasi pada proses belajar mengajar mereka.

Selain di bidang kesehatan dan pendidikan, transformasi digital di Indonesia juga dilakukan pada bidang-bidang berikut:

  • Pariwisata
  • Media dan Hiburan
  • Perdagangan dan Perindustrian
  • Jasa Keuangan
  • Pertanian dan Perikanan
  • Real Estate dan Perkotaan 
  • Lembaga Pemerintahan

Dampak Transformasi Digital di Sektor Pendidikan

Adanya transformasi digital di sektor pendidikan membawa berbagai dampak positif yang dapat dirasakan oleh seluruh pihak yang terlibat. Dampak positif tersebut di antaranya yakni sebagai berikut:

  • Aksesibilitas pendidikan yang lebih luas
  • Pembelajaran jarak jauh secara online
  • Terciptanya berbagai konten pembelajaran digital
  • Administrasi yang lebih efektif
  • Pembelajaran yang lebih personal dan mampu beradaptasi
  • Pengembangan keterampilan digital
  • Peningkatan keterlibatan siswa
  • Adanya pelatihan guru dan staf di bidang digital
  • Adanya kolaborasi antar lembaga
  • Efisiensi biaya

Untuk meningkatkan transformasi digital di Indonesia, khususnya di bidang pendidikan, Acer melalui program Acer for Indonesia menyediakan berbagai produk teknologi yang dapat membantu satuan pendidikan dalam penerapan transformasi digital di institusinya. Tidak hanya itu, program Acer for Indonesia juga dilaksanakan dalam rangka mendukung Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2018 mengenai Pemberdayaan Industri dan kewajiban penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Melalui program ini, Acer berkomitmen penuh untuk memenuhi syarat TKDN demi mendukung kelancaran proses pengadaan barang dan jasa yang cepat, transparan dan akuntabel, baik untuk sektor pemerintahan maupun pendidikan. Produk-produk teknologi yang disediakan juga sudah mendapatkan sertifikat TKDN dan terdaftar ke Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). Dengan begitu, hal ini menjadi salah satu wujud nyata dari komitmen Acer untuk menyediakan produk teknologi yang tidak hanya mampu meningkatkan TKDN, namun juga meningkatkan implementasi transformasi digital di Indonesia.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya