20 Maret 2023

Melalui Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri 2023, Acer Indonesia Buktikan Komitmennya dalam Meningkatkan P3DN

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin) baru saja menyelenggarakan acara Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri tahun 2023 dalam rangka Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) di Istora Senayan Gelora Bung Karno, Jakarta. Acara ini digelar selama tiga hari mulai Rabu, 15 Maret 2023 hingga Jumat, 17 Maret 2023. Rangkaian acara ini dibuka pada hari pertama oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri 2023 ini dilaksanakan seiring dengan tujuan pemerintah untuk terus mengoptimalkan penggunaan produk dalam negeri, terutama pada pengadaan barang dan jasa. Hal ini juga untuk meningkatkan minat konsumen dalam menggunakan berbagai produk dalam negeri serta membangkitkan semangat para pelaku industri tanah air untuk memperbanyak produksi barang buatan dalam negeri. Apabila pengadaan serta penggunaan barang dalam negeri meningkat, maka dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam acara tersebut terdapat beberapa kategori produsen dan pengguna. Kategori produsen  terdiri atas industri besar, industri menengah, dan industri kecil. Sedangkan kategori pengguna  terdiri atas berbagai lembaga pemerintahan, seperti kementerian, pemerintah daerah,  BUMN,  BUMD,  serta badan usaha yang melaksanakan kegiatan proyek strategis nasional (PSN). 

Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri 2023 ini memiliki target yaitu tercapainya realisasi pembelian produk dalam negeri  senilai minimal Rp250 Triliun. Target tersebut bisa dengan mudah tercapai apabila kebutuhan barang dan jasa pemerintah dapat terpetakan sejak awal. Melalui Business Matching ini, diharapkan kebutuhan pengadaan barang dan jasa untuk tahun 2023  oleh lembaga pemerintahan  dapat terpetakan dengan baik sehingga dapat dimanfaatkan oleh berbagai produsen dalam negeri.

 Rangkaian kegiatan Business Matching ini dihadiri oleh sebanyak 4.000 peserta.  Selain  temu bisnis antara produsen dan pengguna,  dalam acara ini juga diadakan Pameran Produk Dalam Negeri,  Penghargaan P3DN tahun 2023, Forum Komunikasi Tim P3DN, Talkshow dan Bimbingan Teknis Pengadaan, serta Pojok Konsultasi untuk peserta  yang membutuhkan  penjelasan teknis terkait sertifikasi TKDN, sertifikasi TKDN IK, maupun konsultasi lainnya. 

Booth PT Acer Indonesia di Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri 2023

Salah satu industri yang turut hadir dan menunjukkan Produk Dalam Negeri buatannya yaitu Acer Indonesia. Acer Indonesia senantiasa berkomitmen untuk mendukung P3DN dengan meningkatkan produksi perangkat teknologi buatan dalam negeri yang berkualitas global dan memenuhi persyaratan TKDN. 

Berbagai produk Acer for Indonesia seperti laptop, monitor, desktop, server, proyektor, hingga Chromebook berhasil melampaui Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan Bobot Manfaat Perusahaan (BMP) hingga lebih dari 40%. Hal ini membawa Acer Indonesia sebagai satu-satunya perusahaan global di Indonesia yang menawarkan produk teknologi dalam negeri terlengkap dan membuat Acer mendapat kepercayaan untuk menjadi mitra pemerintah dalam pengadaan perangkat teknologi, di antaranya yakni Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Direktorat Jenderal Pajak, dan sejumlah bank BUMN.

Booth PT Acer Indonesia di Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri 2023

Selain di bidang pemerintahan, produk unggulan Acer for Indonesia juga sangat cocok digunakan di beragam bidang lainnya, seperti pendidikan, hukum, ekonomi, dan lain sebagainya. Baik siswa, mahasiswa, guru, maupun pekerja kantoran dapat memanfaatkan berbagai produk teknologi informasi dan komunikasi dari Acer untuk menunjang produktivitas mereka sehari-hari.

Melalui acara Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri 2023 oleh Kemenperin ini, diharapkan Acer Indonesia dapat terus membuktikan komitmennya dalam membantu program pemerintah untuk meningkatkan P3DN, utamanya pada produk teknologi.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya