11 Agustus 2022

Apa itu ISO dan Mengapa Penting dalam Bisnis?

Apa itu ISO?

Apa itu ISO? International Organization for Standardization, adalah salah satu standar internasional dalam sebuah sistem manajemen untuk pengukuran mutu organisasi. Sertifikasi ISO memegang peranan penting dalam mengukur bagaimana kredibilitas perusahaan yang ingin bersaing secara global dan juga adalah salah satu cara untuk meningkatkan sistem manajemen mutunya.

Kualitas produk adalah elemen utama yang perlu diperhatikan oleh para pelaku usaha. Khususnya bagi mereka yang ingin mempertahankan bisnisnya di tengah sengitnya persaingan dan bahkan membuat bisnis tersebut semakin maju dan berkembang. Yang bisa dilakukan perusahaan adalah salah satunya memiliki sertifikasi ISO.

Jenis-jenis Sertifikasi ISO

Terdapat delapan jenis standar umum yang ditetapkan oleh ISO untuk digunakan perusahaan agar bisa bersaing secara global dan sudah diterapkan di banyak perusahaan di Indonesia. Kedelapan jenis ISO adalah sebagai berikut:

  1. ISO 9001

ISO 9001 merupakan sistem manajemen mutu yang memiliki karakteristik pendekatan proses untuk memperbaiki efektivitas manajemen mutu di suatu perusahaan. Standar ini adalah yang paling banyak diterapkan oleh perusahaan.

  1. ISO 22000

Standar ISO yang mengatur sistem manajemen keamanan pangan. ISO 22000 ditujukan untuk perusahaan yang bergerak di bidang minuman dan makanan. Setiap perusahaan yang ingin mendapatkan standar ini harus melakukan kontrol internal serta memiliki rencana proses dan pengendalian untuk setiap produknya.

  1. ISO/IEC 27001

Merupakan standar yang mengatur Informasi Security Management System (ISMS) atau sistem manajemen keamanan informasi. Standar ini digunakan pada perusahaan aplikasi IT dan yang sejenisnya.

  1. ISO 14001

Standar ISO ini berkaitan dengan sistem manajemen lingkungan dengan berbagai aspek yang wajib dipenuhi, seperti penghematan air, bahan bakar, energi, dan pengelolaan limbah.

  1. ISO TS 16949

Standar ini berhubungan dengan sistem manajemen mutu untuk industri otomotif dengan konsep perbaikan berkelanjutan, tindakan pencegahan dan perbaikan, serta pengendalian rantai distributor.

  1. ISO 5001

Merupakan standar untuk sistem manajemen energi supaya perusahaan mempunyai sistem untuk memperbaiki konsumsi energi, kinerja, dan efisiensi.

  1. ISO/IEC 17025

Standar ini mengatur lembaga pengujian atau laboratorium yang bertujuan untuk menjamin keakuratan hasil pengujian pada bidang kesehatan, perlindungan konsumen, perdagangan, dan produksi.

  1. ISO 28000

Standar yang mengatur sistem keamanan pasokan untuk perusahaan berisiko tinggi, seperti hotel, perbankan, pertambangan, dan sejenisnya.

Manfaatnya Sertifikasi ISO Untuk Bisnis

Perusahaan yang memiliki sertifikasi ISO akan memiliki kemungkinan lebih untuk memenangkan kompetisi pasar. Hal itu disebabkan karena adanya jaminan kualitas dari produk atau jasa yang ditawarkan, serta kepercayaan konsumen akan brand terkait. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan yang memiliki sertifikat ISO.

  1. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Suatu perusahaan yang menerapkan sistem manajemen mutu yang sesuai dengan standar internasional dapat menjamin kredibilitas perusahaan tersebut. Hal ini berarti bahwa segala kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan sudah berada pada standar terbaik yang pada akhirnya akan menghasilkan nilai yang positif dalam hal kepuasaan konsumen.

  1. Kualitas produk bertaraf internasional

Memiliki produk yang berstandar internasional jelas memberikan nilai plus di mata konsumen. Namun untuk mendapatkannya, suatu perusahaan harus melalui siklus bernama PDCA (Plan, Do, Check, Act). Pada siklus ini terdapat proses identifikasi, analisis, dan eksekusi untuk menyelesaikan masalah yang menjamin kualitas sesuai standar internasional.

  1. Menambah tingkat kepercayaan konsumen

Apabila kredibilitas perusahaan sudah terjamin, maka konsumen pun akan lebih tertarik untuk memilihnya dibandingkan dengan kompetitor yang belum mendapatkan ISO. Sebagai dampaknya, tingkat kepercayaan konsumen akan turut bertambah hingga memungkinkan mereka untuk menjadi pelanggan setia.

  1. Mengoptimalkan Kinerja Karyawan

Berdasarkan prinsip manajemen mutu, maka semua standar ditetapkan untuk dilaksanakan oleh seluruh karyawan. Sehingga hal ini dapat memotivasi karyawan untuk tetap menjaga kualitas, efisiensi, dan produktivitas mereka sesuai dengan standar ISO yang sudah ditetapkan.

Ternyata dengan memiliki sertifikasi ISO memberi banyak manfaat untuk perusahaan dan menjaga kualitas produk tetap baik adalah langkah awal dalam suatu bisnis. Selanjutnya, Anda bisa memikirkan bagaimana metode dan strategi pemasaran terbaik yang sesuai dengan produk tersebut. Untuk hasil yang maksimal, setiap aspek harus diperhatikan dengan benar dan dipertimbangkan secara hati-hati.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya