30 Desember 2022

Strategi Pemerintah Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif

Berkat teknologi, saat ini ekonomi mengarah pada pengembangan berbagai ide kreatif yang mengarah pada ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif di Indonesia menjadi sistem yang mengandalkan kreativitas serta ide dalam sebuah kegiatan ekonomi. Perkembangan bidang ekonomi ini akan memberikan kontribusi positif. 

Dalam buku yang berjudul Ekonomi Kreatif karya Sartika, dkk menjelaskan bahwa ekonomi kreatif tidak memiliki definisi yang tunggal, melainkan sebuah konsep yang berkembang serta dibangun atas interaksi antara kreativitas manusia, ide-ide, kekayaan intelektual, pengetahuan, dan teknologi. Lebih lanjut, ekonomi kreatif adalah gabungan dari semua bagian industri kreatif termasuk perdagangan, tenaga kerja, dan produksi.

Ekonomi kreatif Indonesia memiliki potensi yang besar untuk terus dikembangkan. Bahkan, sebanyak 88,8 persen konsumen Indonesia menyatakan lebih dominan menggunakan dan membeli produk dengan merek dalam negeri. Menurut www.kominfo.go.id, saat ini ekonomi kreatif menjadi salah satu sektor penyumbang terbesar terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional dengan nilai kontribusi sebesar 7,8 persen. 

Jumlah tersebut ditopang dengan tiga subsektor utama yakni kuliner, fashion dan kriya. Jumlah tersebut juga menempatkan Indonesia di peringkat tiga besar dunia dalam kontribusi terhadap PDB nasional di bawah Amerika Serikat dengan Hollywood dan Korea Selatan dengan K-Pop. 

Untuk pengembangan ekonomi kreatif, Kementerian Parekraf menyiapkan beberapa langkah seperti memberikan sertifikasi tenaga kerja pariwisata kepada 45.000 orang pada 2022-2023. 

Sertifikasi tenaga kerja pariwisata tersebut akan dibatasi pada enam destinasi pariwisata super prioritas, yakni Danau Toba, Lombok, Borobudur, Bromo, Wakatobi, dan Labuan Bajo. Mayoritas sertifikasi pada tahun ini akan diberikan di Kawasan Borobudur atau di Jawa Tengah.

Kementerian Parekraf menilai peningkatan industri kreatif di dalam negeri hanya dapat terjadi dengan dukungan generasi Milenial dan Z yang kini memiliki kontribusi terbesar di angkatan kerja domestik. Bahkan Kementerian Parekraf berniat untuk fokus ke pariwisata karena keterlibatan Gen Z dan Milenial. Jika Milenial setuju dan Gen Z sepakat, maka kontribusi ekonomi kreatif ke PDB Indonesia bisa mendekati angka 9% dan bisa melampaui Korea Selatan dalam waktu 5 tahun.

Strategi Pemerintah Melaksanakan Pengembangan Ekonomi Kreatif

Strategi pemerintah dalam melaksanakan pengembangan ekonomi kreatif ada lima, yaitu:

  1. Memberikan Insentif Pada Pelaku Usaha

Insentif adalah bonus atau kompensasi yang diberikan pihak tertentu. Dalam upaya meningkatkan ekonomi kreatif, pemerintah perlu memberikan insentif. Tujuannya adalah mempermudah pelaku usaha dalam mengembangkan kegiatannya. Insentif yang diberikan antara lain berupa perlindungan produk, dana pengembangan, fasilitas pemasaran, pertumbuhan pasar domestik dan internasional, mendapatkan informasi tren dalam negeri dan luar negeri serta penyediaan sarana dan prasarana.

  1. Membuat Roadmap Ekonomi Kreatif

Pembuatan roadmap ekonomi kreatif melibatkan lembaga pemerintah dan kalangan swasta. Tugas pemerintah adalah menyiapkan sebuah roadmap supaya ekonomi kreatif dapat berjalan dengan baik dan menuju kearah yang maju dan berkembang. Roadmap dibuat dengan cara menyusun program komprehensif untuk menggerakkan ekonomi kreatif ke arah pengembangan. Dengan menyusun roadmap, mulai dari sumber daya manusia, desain, kualitas, pasar dapat terbangun dan bergerak dengan tujuan yang jelas dan terarah.

  1. Mengadakan Pelatihan Ekonomi Kreatif

Tujuan penyelenggaraan pelatihan ekonomi kreatif adalah untuk memberi bekal berupa pemahaman dan pendidikan tentang ekonomi kreatif. Sehingga, para pelaku usaha dapat mengembangkan ide dengan baik dan tepat sasaran. Beberapa contoh pelatihan dan dukungan pemerintah sebagai upaya mengembangkan ekonomi kreatif diantaranya:

  • Peningkatan penggunaan teknologi melalui program kemitraan, program ini bertujuan untuk menghasilkan produk berdaya saing tinggi. 
  • Mengadakan pekan produk kreatif indonesia atau PPKI. PPKI terdiri dari tiga kegiatan yaitu pameran, konvensi, dan gelar seni. 
  • Mengadakan festival ekonomi kreatif.
  1. Memberikan Perlindungan Hukum Untuk Produk Ekonomi Kreatif.

Produk ekonomi kreatif merupakan produk yang rawan ditiru oleh orang lain. Hal ini karena produk yang dihasilkan bersumber dari kreativitas, ide, inovasi, dan pengetahuan manusia. Oleh karena itu, pemerintah memberikan bentuk perlindungan hukum melalui hak atas kekayaan intelektual atau HaKI.

  1. Mempersiapkan Investor Untuk Pengembangan

Mempersiapkan investor merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengembangkan ekonomi kreatif. Sektor-sektor yang ada di dalam ekonomi kreatif lebih cepat berkembang apabila terdapat investor yang siap membantu mengembangkan usahanya. Untuk menarik investor, pemerintah melakukan strategi promosi usaha di bidang ekonomi kreatif secara intensif.

Itulah lima strategi dari pemerintah guna melaksanakan pengembangan ekonomi kreatif. Dengan berjalannya strategi pemerintah tersebut, diharapkan pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia dapat memperoleh hasil sesuai target.

Acer turut mendukung pengembangan ekonomi kreatif melalui perangkat unggulan seperti Acer Travelmate P214. Travelmate P214 menggabungkan kekuatan processor, portabilitas, daya tahan, serta dengan berbagai fitur bisnis yang praktis dan beragam opsi konektivitas, menjadikannya laptop profesional sejati.

Travelmate P214, selain telah memiliki sertifikat TKDN, juga didukung dengan spesifikasi mumpuni seperti: 

  1. CPU up to Intel Core i7 processor
  2. Memory up to 32 GB Dual Channel DDR4 Memory
  3. Storage up to 512 GB SSD /1 TB HDD storage dan dual drive storage (optional)
  4. Battery life up to 11 hours
  5. Graphics Intel UHD Graphics 620

Dapatkan informasi lengkap seputar Travelmate P214 dengan mengunjungi tautan berikut.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya