13 Januari 2023

Jenis Standar Internasional yang Sudah Dipenuhi Acer Manufacturing Indonesia

Ketika memproduksi segala jenis produk, kualitas keseluruhan produk dan kepuasan pelanggan menjadi sangat penting. Kualitas menjadi kunci utama agar produk dikenal dan dipercaya masyarakat luas. Dengan menghasilkan produk yang berkualitas, berarti perusahaan mampu melakukan kegiatan produksi dengan efektif dan efisien.  

Untuk bisa membuat produk yang berkualitas, umumnya terdapat standar yang diikuti oleh perusahaan, salah satunya adalah standar ISO. ISO adalah kependekan dari The International Organization for Standardization. Organisasi ini bertanggung jawab untuk mengembangkan standar untuk berbagai industri yang mempromosikan kualitas, keamanan, dan efisiensi.

Dengan adanya organisasi ini, ISO memberikan peluang bagi suatu perusahaan atau bisnis yang berpeluang untuk memenangkan persaingan pasar global, karena memberikan jaminan kualitas produk.

Manfaat ISO Bagi Perusahaan

Setelah Anda mengetahui dan memahami mengenai ISO. Berikut beberapa manfaat penerapan ISO bagi perusahaan yang perlu Anda ketahui.

  1. Perusahaan yang terdaftar pada lembaga sertifikasi dan akan diaudit secara periodik.
  2. Pelanggan akan mudah mencari pemasok yang bersertifikat ISO, yang artinya terbuka kesempatan pasar baru.
  3. Terjadinya perubahan yang positif dalam hal budaya mutu bagi organisasi atau perusahaan, karena mereka akan terdorong untuk mempertahankan sertifikat ISO.
  4. Sebagai acuan kerja. Sehingga, karyawan bisa bekerja tanpa mengalami kesalahan atau meminimalkan kesalahan yang bisa terjadi.
  5. Sebagai bukti pelaksanaan sistem yang diperlukan untuk menelusur saat terjadi masalah di perusahaan.
  6. Berguna untuk menghindari perbedaan persepsi. Selain itu juga, untuk mendapatkan hasil yang seragam walaupun memiliki pekerjaan yang berbeda-beda.
  7. Sebagai catatan untuk generasi yang akan datang.

Untuk menetapkan suatu standar, ISO akan mengundang wakil anggotanya dari 130 negara untuk duduk dalam Komite Teknis (TC), Sub Komite (SC) dan Kelompok Kerja (WG). Peserta ISO termasuk satu badan standar nasional dari setiap negara dan perusahaan-perusahaan besar.

Maka dari itu, perusahaan yang mendapat sertifikasi ISO merupakan perusahaan yang terpilih dan kualitas produknya tidak diragukan lagi. Acer, melalui Acer Manufacturing Indonesia pun dengan bangga menginformasikan jika telah memenuhi 3 standar ISO.

Acer Manufacturing Indonesia sendiri merupakan pabrik Acer yang beroperasi secara lokal yang didirkan pada tahun 2012 dan sudah lulus uji standar global yang ketat. Acer Manufacturing Indonesia merupakan bagian dari usaha dan komitmen Acer untuk memenuhi standar peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia, terutama untuk pemenuhan Tingkat Komponen Dalam Negeri.

Acer Manufacturing Indonesia didirikan dengan fasilitas yang lengkap, mulai dari produksi perangkat chromebook, notebook, PC AIO, desktop dan server, hingga mampu melakukan kustomisasi hardware maupun software, menyesuaikan produk-produk Acer untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda bagi semua segmen pelanggan, baik individu, bisnis hingga lembaga pemerintahan. 

Dengan adanya pabrik Acer Manufacturing Indonesia (AMI), Acer dapat merancang dan membuat produk dengan konsistensi dan presisi yang sangat tinggi, memastikan bahwa produk-produk Acer sudah lulus standar internasional dalam seluruh proses produksinya.

Berikut adalah jenis standar internasional yang sudah dipenuhi Acer Manufacturing Indonesia, diantaranya:

  1. ISO 9001:2015 Tentang Pemenuhan Kebutuhan Pelanggan Melalui Pengujian Mutu dan Peningkatan Kualitas

ISO 9001:2015 merupakan versi terbaru ISO 9001:2008. Standar internasional ini menjadi pedoman perusahaan dalam menjaga konsistensi produk. Sertifikasi ini menetapkan berbagai persyaratan, pedoman, dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu Sertifikasi Manajemen Kualitas. Tujuan sertifikasi ini adalah untuk menjamin produk atau jasa yang dihasilkan suatu perusahaan memenuhi persyaratan yang ditetapkan badan standar dunia yaitu, ISO.

  1. ISO 14001:2015 Tentang Sertifikasi Sistem Manajemen Lingkungan

Standar ISO 14001:2015 adalah standar internasional yang menentukan persyaratan dengan pendekatan manajemen yang berfungsi untuk perlindungan lingkungan. Selain itu juga, berfungsi untuk memastikan bahwa proses yang digunakan dan produk yang dihasilkan telah memenuhi komitmen terhadap lingkungan. Terutama dalam upaya pemenuhan terhadap peraturan di bidang lingkungan, pencegahan pencemaran dan komitmen terhadap perbaikan berkelanjutan.

  1. ISO 45001:2018 Tentang Sertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3)

ISO 45001:2018 adalah Standar Internasional yang menetapkan persyaratan untuk Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Isi standar tersebut merupakan sebuah panduan SMK3. Selain itu, standar ISO 45001:2018 berfungsi untuk memungkinkan organisasi secara proaktif meningkatkan kinerja SMK3 dalam mencegah cedera dan kesehatan yang buruk. Perlu dicatat bahwa pemerintah mewajibkan sebuah organisasi atau perusahaan untuk menerapkan SMK3.

Anda bisa mengetahui produk Acer apa saja yang dirakit melalui Acer Manufacturing Indonesia dengan mengunjungi tautan berikut.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya