7 Maret 2022

Perkembangan Teknologi di Indonesia

Indonesia termasuk salah satu negara yang cukup mengikuti perkembangan teknologi, sebut saja teknologi Blockchain yang masih ramai diperbincangkan di Indonesia hingga saat ini. Perkembangan teknologi di Indonesia sendiri sebenarnya sudah terjadi sejak zaman pra-aksara. Bukti paling tua bisa kita lihat dari adanya lukisan gua berumur 44 ribu tahun di daerah Sulawesi. Kemudian ketika masuk era kerajaan Hindu-Buddha, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi kembali terjadi berkat pengaruh kebudayaan dari India.

Memasuki era modern, masyarakat Indonesia banyak melakukan adopsi teknologi dari luar negeri. Mulai dari gadget, internet, hingga sejumlah inovasi yang mampu memudahkan aktivitas sehari-hari. Namun sejauh ini Indonesia perlu melakukan pergerakan besar agar inovasi teknologi di Indonesia bisa berjalan semakin optimal.

Jika ditarik berdasarkan sejarah perkembangannya, inilah perkembangan teknologi di Indonesia dan dunia.

  1. Radio
    Radio adalah teknologi krusial yang menjadi sumber informasi sekaligus hiburan. Perkembangan radio di Indonesia tercatat sudah dimulai pada tahun 1920-an, ketika pemerintah kolonial Belanda membangun beberapa stasiun radio untuk keperluan internal. Tonggak sejarah teknologi radio di Indonesia terjadi pada tahun 1945, dimana pemerintah Indonesia berhasil membangun stasiun radio nasional pertama yang diberi nama RRI (Radio Republik Indonesia).
  1. Satelit
    Apakah Anda ingat tentang satelit Palapa? Peluncuran satelit Palapa di era Orde Baru yaitu pada 8 Juli 1976 merupakan upaya Indonesia dalam merespon kedaulatan komunikasi serta informasi yang efektif.
  1. Munculnya Internet (1988)
    Bermula dari proyek pembuatan Internet Protocol (IP) bernama UI-NETLAB di Universitas Indonesia, teknologi internet mulai berkembang di Indonesia. Teknologi internet pertama hasil besutan ISP IndoNet muncul pada tahun 1994 dengan memanfaatkan layanan dial-up. Kemudian sekitar satu tahun berselang (1995), Departemen Pos Telekomunikasi menerbitkan izin usaha yang merupakan sinyal lampu hijau terkait industri jaringan di Tanah Air.

Hingga saat ini semakin banyak perkembangan teknologi di Indonesia, tak sedikit pula teknologi karya anak bangsa yang memiliki potensi. Seperti Mahasiswa Institut Teknologi 10 November (ITS) yang menciptakan sepeda motor listrik, Mahasiswa Universitas Brawijaya yang berhasil menciptakan lampu abadi. Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Brawijaya yang menciptakan Polisi tidur untuk pembangkit listrik (POTRET) diciptakan oleh hingga Pria Indonesia, Warsito Taruno, yang telah berhasil menciptakan gagasan rompi terapi kanker. Riset yang dilakukannya juga dibantu oleh negara Jepang. Berdasarkan hasil tes di Jepang, rompi ini ampuh sebagai terapi kanker. Semoga kedepannya semakin banyak perkembangan teknologi karya anak bangsa yang akan diakui oleh dunia.

Halaman selanjutnya Ini Beberapa Teknologi yang Diprediksi Ubah Indonesia dan Dunia pada 2022 
Acer sebagai salah satu perusahaan teknologi komunikasi informasi terkemuka di dunia yang berdiri sejak tahun 1976, sudah turut serta membangun Indonesia selama lebih dari 22 tahun. Acer hadir untuk menghilangkan batasan antar manusia dan teknologi, guna menggapai masa depan yang lebih baik. Acer menciptakan kerjasama yang harmonis antar perangkat keras, perangkat lunak, solusi, serta layanan purna jual, dipadukan dengan talenta lokal berkualitas. Acer for Indonesia, hadir sebagai solusi pendukung transformasi digital terbaik bagi pelanggan, pelaku bisnis, lembaga pemerintah, korporasi maupun dunia Pendidikan. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lengkap seputar Acer for Indonesia.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya