7 Desember 2022

Pentingnya Memanfaatkan Perkembangan Teknologi Di Segala Aspek Kehidupan

Manusia dituntut oleh zaman untuk paham tentang perkembangan teknologi agar bisa memanfaatkannya dengan baik. Semakin kesini, teknologi pun berkembang sangat pesat, membuat perubahan dan dampak yang besar bagi manusia. Perkembangan tersebut menciptakan modernisasi terhadap kehidupan manusia termasuk perkembangan teknologi di Indonesia yang banyak memberikan manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat perkembangan teknologi di Indonesia dalam berbagai bidang:

Manfaat di Bidang Telekomunikasi

Manfaat teknologi informasi di dunia telekomunikasi terus mengalami kemajuan. Jika dulu, harus menulis surat saat ingin bertukar kabar dengan kerabat atau teman yang tinggal di luar kota. Sekarang, perkembangan teknologi membuat proses tersebut lebih cepat dengan kehadiran smartphone. Sehingga hanya diperlukan waktu dalam hitungan detik bagi Anda untuk mengirimkan pesan.

Manfaat di Bidang Bisnis

Apakah Anda sering belanja online? Tanpa teknologi, kegiatan bisnis yang melibatkan platform online mustahil terjadi. Maka dari itu, sejumlah pelaku bisnis mulai memfokuskan strategi pemasaran mereka dengan mengandalkan teknologi canggih. Sementara bagi konsumen, perkembangan teknologi ini memudahkan mereka saat mencari barang atau jasa yang dibutuhkan dalam waktu cepat dengan harga terjangkau.

Manfaat di Bidang Kesehatan

perkembangan teknologi di Indonesia juga dirasakan dalam bidang kesehatan. Peran teknologi dalam bidang kesehatan berjasa dalam memperbaiki manajemen klinik hingga rumah sakit. Jika dulu staf harus mencatat riwayat kesehatan pasien secara manual dalam berkas, sekarang mereka dapat mengarsipkan semuanya di komputer. Selain itu, saat ada tamu yang mencari kamar atau meminta rincian biaya, staf dapat melakukan pencarian lebih cepat hanya dengan memasukkan data seperti nama pasien untuk mengakses database. Ditambah lagi, kini banyak aplikasi kesehatan yang memungkinkan pasien melakukan konsultasi secara virtual dengan dokter.

Manfaat di Bidang Politik

Perkembangan teknologi di Indonesia juga sudah merambah ke dunia politik. Politik di Indonesia banyak yang telah memanfaatkan perkembangan teknologi, seperti mempromosikan partai politik lewat media sosial, dan masih banyak lagi. Ada juga contoh e-government yang bisa membuat masyarakat ikut berperan dalam perkembangan pemerintah. Masyarakat juga bisa menerima laporan tentang kinerja pemerintah secara aktual dan transparan. Hal ini sangat berguna untuk meminimalisir kecurigaan masyarakat terhadap pemerintah

Manfaat di Bidang Transportasi 

Perkembangan teknologi di Indonesia dalam bidang transportasi juga tidak kalah canggih, salah satu contoh penerapan teknologi yang dilakukan di sektor transportasi adalah pengembangan Green Port, dimana Terminal Teluk Lamong, Surabaya menjadi Green Port pertama di Indonesia dan akan menyusul Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Kemudian infrastruktur terpadu dan terintegrasi seperti Transit Oriented Development (TOD) di Poris Plawad, Tangerang, dan aksesibilitas pariwisata di 5 Bali baru. Penerapan teknologi dalam transportasi akan meningkatkan keselamatan, mobilitas, mengurangi biaya dan mengurangi kerusakan lingkungan, yang dapat mendukung terwujudnya transportasi berkelanjutan tersebut,

Manfaat di Bidang Pendidikan

Dalam bidang pendidikan, manfaat teknologi juga hadir dalam berbagai bentuk. Dari pengolahan data dengan komputer, e-learning, dan pengerjaan tugas berbasis IT. Salah satu contohnya adalah penggunaan Learning Management System seperti pada platform Jelajah Ilmu dari Acer yang memungkinkan integrasi antar seluruh pihak mulai dari murid, guru, kepala sekolah hingga orang tua. 

Langkah Acer dalam Mendukung Perkembangan Teknologi di Indonesia

Acer turut mendukung perkembangan teknologi di Indonesia terutama dalam bidang industri dengan menghadirkan Acer Manufacturing Indonesia. Acer Manufacturing Indonesia merupakan bagian dari usaha dan komitmen Acer untuk memenuhi standar peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia, terutama untuk pemenuhan Tingkat Komponen Dalam Negeri. Pabrik ini didirikan dengan fasilitas yang lengkap, mulai dari produksi perangkat chromebook, notebook, PC AIO, desktop dan server, hingga mampu melakukan kustomisasi hardware maupun software dan menyesuaikan produk-produk Acer untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda bagi semua segmen pelanggan, baik individu, bisnis hingga lembaga pemerintahan. 

Selain dalam bidang industri, Acer juga turut mendukung perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan melalui Jelajah Ilmu. Jelajah Ilmu merupakan sebuah platform dan menjadi salah satu bagian dari program Acer for Indonesia. Jelajah Ilmu sendiri merupakan solusi pembelajaran digital komprehensif untuk kegiatan belajar mengajar bagi guru, murid, orang tua, kepala sekolah sampai dengan pemangku kebijakan daerah atau yayasan sekolah. Di dalam Jelajah Ilmu tersedia rencana pelaksanaan pembelajaran, materi presentasi pengajaran harian, bank soal, buku digital dalam bentuk buku petunjuk guru, dan buku siswa dari penerbit terkemuka. Dalam hal ini, Jelajah Ilmu diharapkan dapat mendorong gairah belajar sehingga menghasilkan lulusan terbaik yang siap menghadapi masa depan.

Anda bisa melihat lebih lengkap tentang program Acer tersebut dengan melihat YouTube Acer Indonesia.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya