29 Desember 2022

KTT G20 Angkat Peluang UMKM Dalam Menumbuhkan Sektor Ekonomi Digital

Transformasi ekonomi digital menjadi pembicaraan yang mewarnai dunia internasional, salah satunya dalam pertemuan KTT G20 di Bali. Topik tersebut menjadi salah satu dari tiga isu prioritas yang diusung dalam KTT G20. Dalam pertemuan KTT G20, transformasi ekonomi digital membahas tiga isu utama, yakni konektivitas dan pemulihan pasca pandemi Covid-19, kemampuan digital dan literasi digital, serta arus data lintas batas negara. 

Pembahasan tersebut bertujuan agar dunia bersama-sama pulih lebih cepat dari pandemi dan bangkit dari berbagai permasalahan global, sesuai tema KTT G20 Indonesia “Recover Together, Recover Stronger”.  

Berbicara tentang transformasi ekonomi digital, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar pada sektor ekonomi digital sebagai salah satu keunggulan dalam menunjang transformasi ekonomi. Menurut website Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, www.ekon.go.id, pada tahun 2021 lalu misalnya, terdapat 21 juta konsumen ekonomi digital di Indonesia dengan pertumbuhan yang terus meningkat dengan signifikan, terutama di wilayah pedesaan. 

Tercatat pula sebanyak 72 persen konsumen ekonomi digital baru muncul di wilayah pedesaan. Selain itu, Indonesia juga memiliki tingkat pemanfaatan ekonomi digital yang tinggi, dengan 98 persen pedagang telah menggunakan pembayaran digital dan 59 persen memanfaatkan pembiayaan digital. Hal ini tentu kabar yang sangat baik, karena perekonomian Indonesia bisa perlahan bangkit dengan kekuatan UMKM, sesuai dengan salah satu dari tiga isu utama dalam KTT G20 yaitu pemulihan pasca pandemi Covid-19.

Angka pertumbuhan yang cukup besar tersebut menunjukkan UMKM di Indonesia sebagian sudah bisa memanfaatkan potensi transformasi digital untuk bertahan saat pandemi. Meski demikian, Indonesia masih perlu terus berjuang karena masih banyak UMKM yang belum digitally onboard. Secara konkrit, Indonesia perlu menggarap sekitar 71 persen UMKM lainnya untuk bisa memanfaatkan peluang-peluang di ruang digital. Untuk itu, Indonesia perlu mendiskusikan dan mencarikan solusi guna meningkatkan angka digitalisasi dunia UMKM untuk mewujudkan pembahasan KTT G20.

Langkah dalam Menumbuhkan Sektor Ekonomi Digital

Sedikitnya ada empat kiat sukses agar bisnis UMKM berkembang dengan pondasi kuat dalam sektor ekonomi digital. Yakni:

  1. Memiliki kompetensi sumber daya manusia (SDM)

Para pelaku UMKM sudah saatnya meningkatkan keterampilan digital. Seperti mempelajari ilmu pemasaran digital yang di dalamnya terdapat penguasaan copywriting, mengadopsi aplikasi-aplikasi foto produk, serta memahami social media planning dan keywords untuk riset.

  1. Memanfaatkan Teknologi dan Melakukan Inovasi

Teknologi dan inovasi sangat diperlukan bagi para UMKM untuk bisa naik kelas. Teknologi informasi menggunakan digital marketing dan machine learning dapat dipakai untuk pengolahan produk UMKM yang sebelumnya manual.

  1. Membangun Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sangat penting dalam membangun sebuah usaha. Pelaku usaha dan industri bisa mendaftarkan usahanya jika pasarnya telah memadai. Adanya lisensi HKI tersebut agar produk UMKM bisa dilindungi dan tidak bisa ditiru tanpa izin orang lain.

  1. UMKM Harus Rajin Upgrade Diri

Dalam berbisnis harus pintar dalam mengambil peluang dan melakukan riset untuk menentukan pasar. UMKM bisa memanfaatkan Google Trend dalam mencari wilayah yang konsumennya tertarik dengan bisnis sehingga UMKM bisa menemukan pasar untuk produk mereka.

Itulah beberapa pembahasan mengenai topik KTT G20 dimana UMKM memiliki peluang dalam menumbuhkan sektor ekonomi digital. Untuk mendukung transformasi digital pada UMKM, Acer turut menyediakan perangkat yang mendukung, diantaranya:

  1. Travelmate P414-51 / 51G

Bekerja dan berbagi dokumen dalam kenyamanan dengan desain fitur profesional yang membuat bekerja menjadi lebih mudah. Perangkat ini dilengkapi dengan 11th Gen Intel® Core™ processors, up to 32 GB Dual Channel DDR4 Memory, Up to 512 GB SSD /1 TB HDD storage, serta ketahanan baterai hingga 15 jam.

2. Travelmate P214-53

Dengan Travelmate P2, Anda bisa meningkatkan produktivitas dengan device yang memiliki portabilitas, daya tahan, serta konektivitas yang mumpuni. Perangkat ini dilengkapi 11th Gen Intel® Core™ processors, Up to 32 GB Dual Channel DDR4 Memory, Up to 512 GB SSD /1 TB HDD storage, dan ketahanan baterai hingga 13 jam.

3.Travelmate P614-51-G2 / 51G-G2

Laptop tipis dan tahan lama ini memberikan hasil kelas atas dengan processor tangguh dan desain yang fokus pada pengguna. Dilengkapi dengan 10th Gen Intel® Core™ processors, Up to 24 GB Dual Channel DDR4 Memory, 8 GB / 4 GB of onboard DDR4 system memory, Up to 1TB SSD storage, dan ketahanan baterai hingga 18 jam.

Anda bisa menemukan informasi lengkap seputar produk Acer lainnya dengan klik tautan berikut.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya