8 Maret 2022

Mengetahui Pentingnya TKDN di Indonesia

TKDN adalah kependekan dari Tingkat Komponen Dalam Negeri yang berarti persentase komponen produksi yang dibuat di Indonesia pada suatu produk barang dan jasa atau gabungan antara barang dan jasa, termasuk biaya angkut yang ditawarkan dalam produk penawaran harga barang maupun jasa. 

TKDN ini menjadi salah satu referensi dalam menentukan pemenang dalam proses pengadaan barang/jasa di instansi pemerintah. Adapun, aturan mengenai TKDN tertuang di dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri. 

Dalam Pasal 54 aturan tersebut, dijelaskan peningkatan penggunaan produk dalam negeri bertujuan untuk memberdayakan industri di dalam negeri dan memperkuat struktur industri. Tak hanya itu, TKDN juga diatur dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 15 Tahun 2013 tentang Penggunaan Produk Dalam Negeri Pada Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi.

Dalam Pasal 1 aturan tersebut menjelaskan, TKDN adalah besarnya komponen dalam negeri pada barang, jasa dan gabungan barang dan jasa yang dinyatakan dalam persentase. Kemudian, di dalam pasal 2 ini disebutkan tujuan dari TKDN adalah untuk mendukung dan menumbuhkembangkan produk dalam negeri sehingga mampu mendukung kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi. 

TKDN ini memberikan beberapa keuntungan tak hanya untuk pelaku industri namun juga kepada pemerintah Indonesia sendiri diantaranya:

  1. TKDN diharapkan memberikan nilai tambah bagi perekonomian, menyerap tenaga kerja serta berdaya saing secara nasional, regional, dan internasional. 
  2. TKDN bertujuan untuk mendukung dan menumbuhkembangkan inovasi/teknologi produk dalam negeri
  3. Meningkatkan penggunaan produk dalam negeri pada kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi dengan tetap mempertimbangkan prinsip efektifitas dan efisiensi.  
  4. Terciptanya tenaga kerja baru. Industri dalam negeri akan terus memproduksi barang/jasa, sehingga akan ada penyerapan tenaga kerja.
  5. Penambahan pemasukan pajak penghasilan (PPh) terhadap produk yang telah dibuat di Indonesia, sehingga pemerintah sebagai lembaga penarik pajak akan diuntungkan bisa pemasukan dari sektor pajak terus meningkat.
  6. Terciptanya supply-chain dengan ekosistem yang baik. Para vendor akan membuka pabriknya di Indonesia untuk menyuplai ke pabrikan perakitan.
  7. Potensi Indonesia sebagai basis produksi dan negara ekspor untuk pasar Asia Tenggara dan Asia Afrika.
  8. Terciptanya kesetaraan antara pengusaha merk lokal dan merk luar dalam hal produksi dan kewajiban transaksi dalam rupiah serta kewajiban PPh.

Halaman Selanjutnya Rencana Pemerintah di Tahun 2022 Untuk Memperbesar Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN)

Dalam rangka mendukung Pemerintah Indonesia, terkait Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2018 mengenai Pemberdayaan Industri, dan kewajiban penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri, Acer melalui program Acer for Indonesia berkomitmen penuh untuk memenuhi syarat TKDN, demi mendukung kelancaran proses pengadaan barang dan jasa pemerintah yang cepat, transparan dan akuntabel. Produk-produk Acer sudah mendapatkan sertifikat TKDN dan terdaftar ke Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri atau P3DN.
Salah satu wujud nyata komitmen Acer adalah melalui Acer Manufacturing Indonesia, yang juga berkontribusi pada pertumbuhan industri dan perekonomian Indonesia, termasuk melalui penyerapan tenaga kerja, serta memberikan nilai tambah untuk masyarakat. Hubungi kami untuk mengenali lebih jauh tentang Acer for Indonesia.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya