7 Maret 2022

Cara Hadapi Globalisasi Agar Bisa Sukses

Melihat dampak globalisasi dari segi positif maupun negatifnya, sangatlah wajar jika semakin banyak orang mempersiapkan diri agar tidak kalah bersaing dalam menghadapi era globalisasi. Berikut ini cara tingkatkan kualitas diri untuk menghadapi era globalisasi.

  1. Belajar Bahasa Asing atau Bahasa Internasional
    Langkah awal jika Anda ingin mulai mengembangkan diri di era globalisasi adalah dengan belajar bahasa asing atau bahasa internasional. Misalnya, belajar Bahasa Inggris, Bahasa Jerman, Mandarin, dan lain sebagainya. Memiliki bekal dasar berupa penguasaan bahasa asing ini akan menjadi nilai plus dan membuat Anda dengan mudah berkecimpung dalam suatu bidang tertentu di era modern ini.
  1. Asah Terus Skill yang Dikuasai
    Selain penguasaan Bahasa, Anda juga bisa kuasai, asah atau menambah skill Anda. Sebab dengan skill inilah Anda akan mendapatkan nilai tambah dan menjadi jalan baru menuju kesuksesan. Lakukan riset tentang prediksi skill apa yang dibutuhkan dalam 5 tahun kedepan, lalu mulai ambil kursus, kuliah untuk mendapatkan ilmunya lalu terapkan ilmu baru Anda tersebut untuk mendapat kesuksesan baru.
  1. Open minded pada hal positif
    Karena dampak globalisasi memberikan kita banyak pengetahuan baru termasuk soal kebudayaan atau gaya hidup masyarakat dunia lainnya, maka sangat penting jika memiliki pola pikir open minded terutama untuk hal-hal yang positif dan menguntungkan Anda. Anda juga bisa belajar untuk menerima pendapat orang. Pilih mana yang baik serta bedakan mana yang menguntungkan dan mana yang tidak. 
  1. Terapkan pola pikir "agile mindset"
    Selain open minded, agile mindset juga penting untuk diterapkan. Karena kini, semua dituntut untuk dilakukan dengan cepat. Untuk itu, Anda perlu menerapkan 'agile mindset' atau serangkaian sikap dan pola pikir tangkas dan mendukung lingkungan kerja yang gesit. Pola pikir ini mendorong seseorang untuk tangkas, mau terus belajar, dan mudah beradaptasi dengan perubahan.
  1. Sadar Teknologi
    Sadar teknologi memberi nilai plus bagi Anda. Anda bisa menggunakan smartphone, laptop, atau sosial media demi mengasah kemampuan Anda di bidang teknologi.
  1. Terus berinovasi
    Sama seperti mengasah skill, inovasi juga penting untuk dilakukan agar bisa sukses di era globalisasi. Anda bisa mencoba lihat apa permasalahan yang sedang dihadapi oleh dunia dan lakukan perubahan dari inovasi yang Anda buat.
  1. Mengembangkan kreativitas
    Mengembangkan kreativitas dengan menciptakan tren yang bisa diterima secara global adalah hal yang sangat mungkin dilakukan. Hal ini juga termasuk dalam dampak globalisasi yang positif dimana misalnya budaya asli Indonesia semakin dikenal di ranah internasional. 

Acer sebagai salah satu perusahaan teknologi komunikasi informasi terkemuka di dunia yang berdiri sejak tahun 1976, sudah turut serta membangun Indonesia selama lebih dari 22 tahun. Acer hadir untuk menghilangkan batasan antar manusia dan teknologi, guna menggapai masa depan yang lebih baik dan siap menghadapi arus globalisasi yang penuh tantangan. 
Acer menciptakan kerjasama yang harmonis antar perangkat keras, perangkat lunak, solusi, serta layanan purna jual, dipadukan dengan talenta lokal berkualitas. Acer for Indonesia, hadir sebagai solusi pendukung transformasi digital terbaik bagi pelanggan, pelaku bisnis, lembaga pemerintah, korporasi maupun dunia pendidikan. Hubungi kami untuk mengetahui lebih lengkap tentang Acer For Indonesia.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya