7 Maret 2022

Dampak Globalisasi Dilihat Dari Segi Positif dan Negatif

Globalisasi telah dimulai sejak abad pertama dan berlangsung hingga sekarang. Globalisasi bisa terus ada karena masyarakat dunia membutuhkan satu sama lain. Dampak globalisasi bisa dilihat dari segi positif maupun sisi negatif. Apa saja dampak globalisasi jika dilihat dari kedua sisi? Berikut diantaranya:

Sisi Positif 

  1. Kemudahan dalam memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan. Adanya teknologi memungkinkan penyampaian informasi yang menjangkau banyak masyarakat di semua tempat.
  2. Memicu sikap kreatif dan inovatif di kalangan masyarakat luas agar dapat bersaing di ranah global. 
  3. Semakin mudah mendapatkan barang dari luar negeri dengan harga terjangkau. 
  4. Meningkatkan nilai ekspor dan impor pasar global, membuat sebuah barang dapat dimiliki oleh seluruh negara secara transnasional melalui kegiatan ekspor dan impor. 
  5. Globalisasi di bidang pendidikan berpotensi menciptakan generasi yang profesional dan bermutu tinggi. 
  6. Adanya perubahan struktur dan sistem pendidikan bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Sehingga globalisasi dapat meningkatkan kualitas Pendidikan.
  7. Menciptakan tenaga kerja yang berkualitas dan mampu bersaing secara global.

Sementara itu dampak globalisasi dari sisi negatif antara lain: 

  1. Masuknya tenaga asing dalam jumlah besar sehingga mendominasi tenaga kerja local.
  2. Produk lokal kalah bersaing dengan produk impor karena beberapa alasan, antara lain pengemasannya yang kurang menarik, harga yang lebih tinggi, dan kualitas rendah.
  3. Investasi asing telah meningkatkan pencemaran lingkungan yang dapat berakibat pada kesehatan manusia di negara-negara bekembang.

Dampak globalisasi memang memiliki kekurangan, namun justru hal tersebut menjadi tantangan bagi kita samua untuk terus berinovasi, kreatif agar tidak kalah bersaing secara global.

Halaman selanjutnya Cara Hadapi Globalisasi Agar Bisa Sukses

Acer sebagai salah satu perusahaan teknologi komunikasi informasi terkemuka di dunia yang berdiri sejak tahun 1976, sudah turut serta membangun Indonesia selama lebih dari 22 tahun. Acer hadir untuk menghilangkan batasan antar manusia dan teknologi, guna menggapai masa depan yang lebih baik dan siap menghadapi arus globalisasi yang penuh tantangan. 
Acer menciptakan kerjasama yang harmonis antar perangkat keras, perangkat lunak, solusi, serta layanan purna jual, dipadukan dengan talenta lokal berkualitas. Acer for Indonesia, hadir sebagai solusi pendukung transformasi digital terbaik bagi pelanggan, pelaku bisnis, lembaga pemerintah, korporasi maupun dunia pendidikan. Hubungi kami untuk mengetahui lebih lengkap tentang Acer For Indonesia.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya