7 Maret 2022

Mengenal Apa Itu Globalisasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia. Secara epistemologi, definisi globalisasi berasal dari bahasa Inggris, yakni globalize yang berarti “menyeluruh” dengan imbuhan ization atau “proses”. Definisi tersebut mensyaratkan konsep saling ketergantungan internasional dan pengaruh antara berbagai sistem sosial dan ekonomi.

Menurut Selo Soemardjan, salah satu tokoh pendidikan dan pemerintahan Indonesia, globalisasi adalah terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah yang sama. 

Globalisasi menyebabkan terjadinya saling ketergantungan antar negara di dunia, Disisi lain, globalisasi memberikan banyak kemudahan dalam memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan serta meningkatkan produktivitas.

Terdapat berbagai bentuk dalam globalisasi, yakni globalisasi di bidang ilmu pengetahuan, komunikasi, transportasi, budaya, ekonomi, dan lain sebagainya.

Beberapa pakar berpendapat bahwa globalisasi telah dimulai sejak abad pertama pada saat jalur sutera (silk road) dibuka sehingga para pedagang dari Cina dan Timur Tengah dapat melakukan perdagangan.

Di zaman modern saat ini, globalisasi bersifat penting dan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Sebut saja, semakin mudahnya mendapatkan informasi dan barang dari luar negeri yang tidak bisa didapatkan di Indonesia. 

Halaman selanjutnya Dampak Globalisasi Dilihat Dari Segi Positif dan Negatif

Acer sebagai salah satu perusahaan teknologi komunikasi informasi terkemuka di dunia yang berdiri sejak tahun 1976, sudah turut serta membangun Indonesia selama lebih dari 22 tahun. Acer hadir untuk menghilangkan batasan antar manusia dan teknologi, guna menggapai masa depan yang lebih baik dan siap menghadapi arus globalisasi yang penuh tantangan. 
Acer menciptakan kerjasama yang harmonis antar perangkat keras, perangkat lunak, solusi, serta layanan purna jual, dipadukan dengan talenta lokal berkualitas. Acer for Indonesia, hadir sebagai solusi pendukung transformasi digital terbaik bagi pelanggan, pelaku bisnis, lembaga pemerintah, korporasi maupun dunia pendidikan. Hubungi kami untuk mengetahui lebih lengkap tentang Acer For Indonesia.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya