21 Desember 2022

Membangun Penguatan Digital Literacy pada Masyarakat Indonesia

Perkembangan penggunaan teknologi, informasi, dan komunikasi dunia digital telah memberikan berbagai dampak dalam kehidupan manusia sehari-hari, termasuk perkembangan internet. Dalam perkembangannya, tidak semua informasi yang tersebar luas di internet adalah informasi positif, tidak sedikit pula berisi informasi negatif, contohnya penyebaran berita bohong, radikalisme, ujaran kebencian, dan penipuan. Diperlukan kebijakan dan kemampuan dari setiap pengguna gawai dalam mengendalikan informasi yang mereka dapat di jaringan internet, dan untuk itulah digital literacy diperlukan.

Digital literacy merupakan penggunaan perangkat teknologi, informasi dan komunikasi dalam mengakses, mengaryakan, hingga mendistribusikan informasi. Literasi sendiri sudah menjadi bagian dari kehidupan dan perkembangan manusia, dari zaman prasejarah hingga era digital seperti sekarang ini. Literasi dapat diartikan sebagai pemahaman dan keterampilan menulis, membaca, berhitung, dan disiplin ilmu lainnya. 

Menurut UNESCO, sebagaimana dikutip dari buku Literasi Digital, digital literacy tidak hanya berkaitan dengan teknologi saja. Sebab, digital literacy merupakan kecakapan yang mencakup kemauan untuk belajar, berpikir kritis, kreatif dan inovatif dalam melakukan berbagai hal di dunia digital.

Dari hasil pengukuran Indeks Literasi Digital Indonesia 2021 yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Katadata Insight Center (KIC). Secara keseluruhan, Indeks Literasi Digital Indonesia 2021 mencapai 3.49 dari skala 1-5, atau naik dari pencapaian tahun sebelumnya 3.46. Nilai tersebut masih masuk kategori sedang belum mencapai kategori baik. Hal ini perlu terus ditingkatkan untuk membekali peningkatan kapasitas digital literacy.

Dilansir dari jurnal berjudul “Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat dan Sektor Pendidikan Pada Saat Pandemi Covid-19” karya Eti Sumiati dan Wijonarko, digital literacy telah membawa banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat. Manfaat tersebut di antaranya: 

  1. Kegiatan mencari dan memahami informasi dapat menambah wawasan individu. 
  2. Meningkatkan kemampuan individu untuk lebih kritis dalam berpikir serta memahami informasi. 
  3. Menambah penguasaan kosakata individu, dari berbagai informasi yang dibaca. 
  4. Meningkatkan kemampuan verbal individu. Digital literacy dapat meningkatkan daya fokus serta konsentrasi individu.
  5. Menambah kemampuan individu dalam membaca, merangkai kalimat serta menulis informasi.

Karena manfaatnya yang penting, ada beberapa cara meningkatkan kemampuan digital literacy, diantaranya:

  1. Mulailah Berpikir Kritis 

Langkah penguatan digital literacy yang pertama adalah dengan mencoba berpikir kritis. Kita semua tahu, bahwa informasi yang saat ini bertebaran di internet berasal dari situs berita atau semacamnya. Akan tetapi, apakah informasi tersebut dapat dipercaya? Ketika Anda menerima sebuah informasi yang tidak jelas dari mana asalnya, mulailah dengan mendorong diri Anda untuk mengajukan pertanyaan bagaimana informasi itu dibuat? Kemudian cari jawabannya dengan langsung ke sumbernya. Anda dapat memeriksa dan menganalisis objektivitasnya.

  1. Menguasai Finding Information 

Keterampilan dalam berpikir kritis dan menganalisa sebuah informasi di internet adalah salah satu cara meningkatkan kemampuan digital literacy. Selain keahlian ini, Anda juga perlu menguasai finding information. Finding information artinya Anda bisa memilah secara akurat dan mengevaluasi informasi yang diterima ataupun disebarkan melalui platform digital. Skill ini menitikberatkan Anda untuk menguasai komunikasi, kesadaran sosial dan pengetahuan tentang pembuatan informasi di lingkungan digital.

  1. Manfaatkan Media Sosial untuk Belajar dan Berkolaborasi 

Langkah penguatan digital literacy yang selanjutnya adalah memanfaatkan media sosial dengan baik. Misalnya, Anda dapat belajar sesuatu hal baru dari content creator yang sering membuat konten edukasi atau semacamnya. Tidak hanya untuk sarana belajar saja, Anda dapat memanfaatkan media sosial sebagai sarana kolaborasi. 

  1. Memahami Digital Culture  

Sebagai salah satu cara meningkatkan kemampuan digital literacy, Anda perlu memahami bagaimana keberadaan internet mempengaruhi cara berinteraksi dan berkomunikasi seseorang. Pada umumnya, penggunaan internet sering kali membawa dua dampak, positif dan negatif. Dengan memahami digital culture, setidaknya Anda dapat lebih bijak untuk melakukan sesuatu di dunia digital.  

Penguatan Digital Literacy 

Digital literacy bisa diterapkan di mana saja, mulai dari di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah ataupun lingkungan masyarakat. Berikut beberapa contoh penerapan digital literacy

  1. Penguatan Digital Literacy di Sekolah 

Penguatan digital literacy di sekolah bisa dimulai dari pembelajaran dengan cara online, yakni lewat aplikasi ataupun web. Mencari bahan ajar dari sumber terpercaya di internet, mengirim tugas sekolah lewat e-mail serta berkomunikasi dengan guru atau teman menggunakan grup chat pada LMS.

  1. Penguatan Digital Literacy di Rumah 

Penguatan digital literacy di sekolah bisa seperti melakukan penelusuran dengan menggunakan browser, menggunakan laptop yang tersambung ke internet untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan. 

  1. Penguatan Digital Literacy di Lingkungan Masyarakat 

Penguatan digital literacy di lingkungan masyarakat bisa seperti menggunakan media internet untuk menggalang dana atau donasi, penggunaan media sosial untuk sarana promosi penjualan, memakai aplikasi meeting untuk rapat RT hingga menggunakan grup di media sosial untuk menyebarkan informasi yang tepat dan kredibel.Acer mendukung penguatan digital literacy melalui pemanfaatan teknologi digital, serta untuk membekali masyarakat dengan kemampuan dalam pengetahuan dan keterampilan menggunakan perangkat digital seperti PC, laptop. Anda bisa melihat berbagai macam rekomendasi perangkat dari Acer yang bisa Anda gunakan untuk penguatan digital literacy di lingkungan Anda dengan mengunjungi tautan berikut.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya