8 Maret 2022

Melihat Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia

Perkembangan ekonomi digital membuat seluruh kegiatan sehari-hari menjadi lebih praktis. Contohnya, saat ini Anda sudah tidak perlu lagi ke toko untuk berbelanja kebutuhan tertentu. Anda tinggal melakukan transaksi secara online saja.

Ekonomi digital sendiri merupakan seluruh kegiatan ekonomi yang menggunakan bantuan internet dan juga kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence). Ekonomi digital mampu membuat perubahan pada kegiatan ekonomi masyarakat dan bisnis, dari yang awalnya manual menjadi serba otomatis. Sehingga, setiap kegiatan sehari-hari dan bisnis bisa dilakukan dengan mudah dan juga cepat.

Lalu bagaimana potensi ekonomi digital di Indonesia? Ekonomi digital Indonesia diprediksi tumbuh hingga delapan kali lipat di tahun 2030 dari Rp632 triliun menjadi Rp4.531 triliun. E-commerce akan memainkan peran yang sangat besar, yaitu 34% atau setara dengan Rp1.900 triliun.

Di tahun 2030, B2B (business-to-business) juga akan tumbuh dengan besaran 13% atau setara dengan Rp763 triliun, health-tech akan menjadi Rp471,6 triliun atau 8% dari pertumbuhan. Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia akan tumbuh dari Rp15.400 triliun menjadi Rp24.000 triliun pada tahun 2030. Indonesia akan mempunyai GDP besar lebih dari 55% daripada GDP digital ASEAN, jumlahnya sekitar Rp323 triliun dan akan tumbuh menjadi Rp417 triliun pada tahun 2030.

Dari data diatas, bisa disimpulkan jika hal tersebut menunjukkan masih terdapat banyak potensi ekonomi digital di Indonesia. Untuk mengoptimalkan potensi ekonomi digital di Indonesia, terdapat sejumlah hal yang harus ditingkatkan, antara lain:

  1. Infrastruktur telekomunikasi serta perlindungan konsumen digital. 
  2. Tenaga kerja/SDM yang berketerampilan khusus di bidang teknologi
  3. Ekosistem inovasi untuk menghidupkan digital ekonomi tersebut
  4. Pelayanan publik, ekonomi digital, dan tata kelola dan strategi digital yang baik
  5. Terkait hilirisasi ekonomi digital, Indonesia juga harus dapat memanfaatkan perkembangan teknologi gelombang baru seperti teknologi 5G, IoT (internet of things), blockchain, artificial intelligence, dan cloud computing.

Halaman selanjutnya Optimis, Indonesia Bisa Jadi Pemain Ekonomi Digital di Asia Tenggara

Acer Indonesia sebagai salah satu merek teknologi terdepan yang unggul dengan inovasi, berkomitmen untuk selalu menghadirkan produk terbaru yang disesuaikan dengan beragam kebutuhan para pelanggannya. Untuk dapat memenuhi keberagaman permintaan pelanggan tersebut, termasuk memberikan manfaat kemudahan dalam bidang teknologi.
Acer Indonesia selaku principal telah memiliki fasilitas perakitan produk sendiri di Tanah Air yang dikelola oleh Acer Manufacturing Indonesia (AMI), dan telah beroperasi sejak tahun 2012. Selama hampir 10 tahun beroperasi, AMI telah memiliki banyak pengalaman untuk melakukan perakitan produk Acer yang berkualitas. Konsistensi dan komitmen untuk perakitan produk menjadi keunggulan tersendiri bagi AMI, sehingga produk yang dihadirkan dapat diterima oleh pasar dan pelanggan Indonesia. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang Acer for Indonesia.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya