26 Desember 2022

Laptop TKDN Acer untuk Mewujudkan Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN)

Saat ini produk Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) buatan industri dalam negeri sudah semakin berkembang. Hal ini merupakan hasil dari upaya pemerintah dalam memacu investasi dan mengakselerasi pemanfaatan teknologi terkini sesuai implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0. 

Kementerian Perindustrian juga proaktif mendorong produk teknologi informasi dan komunikasi (TIK) agar dapat lebih banyak diproduksi oleh industri di tanah air. Langkah ini sesuai dengan upaya pemerintah untuk menjalankan kebijakan substitusi impor dan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Program Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) yang digulirkan oleh pemerintah merupakan upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat agar lebih banyak menggunakan produk dalam negeri dibandingkan dengan produk impor. Salah satu bentuk upayanya adalah mewajibkan instansi pemerintah untuk memaksimalkan penggunaan hasil produksi dalam negeri dalam kegiatan pengadaan barang/jasa yang dibiayai oleh APBN/APBD. Dengan demikian, barang/jasa yang telah memiliki Sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) akan memperoleh preferensi dari panitia lelang. 

Di sisi lain, Presiden RI Joko Widodo juga menegaskan agar produk-produk bangsa Indonesia tidak hanya bermain di pasar dalam negeri, tapi juga bisa ekspansi ke luar negeri. Untuk itu, sangat penting sekali untuk memublikasikan terkait P3DN agar dapat berpengaruh positif terhadap masyarakat Indonesia untuk menggunakan dan bangga akan buatan Indonesia.

Berbagai upaya dilaksanakan dalam peningkatan kualitas dan kapasitas produksi bagi industri TIK, antara lain optimalisasi P3DN terutama untuk pengadaan barang dan jasa pemerintah sehingga menciptakan kepastian pasar produk dalam negeri, serta penyusunan dan penerapan SNI (termasuk SNI Wajib) untuk produk TIK.

Kementerian Perindustrian optimistis, dengan terciptanya kepastian pasar yang berkelanjutan untuk produk TIK termasuk laptop, akan mendorong para produsen lokal membuat Industrial Design (IP) atau model lokal, electrical design, dan mechanical design sehingga akan mendorong efisiensi produksi laptop di dalam negeri dan mendongkrak daya saing industri.

Pemerintah juga terus mendorong pengoptimalan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) agar dapat  memberikan  multiplier  effect  yang  luas  bagi  perekonomian  nasional,  termasuk menggairahkan usaha sektor komponen pendukungnya sehingga memperkuat struktur industri manufaktur di tanah air.

Sebagai salah satu bentuk dukungan pemerintah, Acer turut serta mendukung mewujudkan program P3DN dan pengoptimalan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dengan cara memproduksi produk-produk yang bersertifikasi TKDN. Rangkaian produk Acer yang lengkap dan sudah memenuhi persyaratan TKDN, siap memenuhi berbagai kebutuhan, antara lain: pendidikan, industri kreatif, UMKM, industri perhotelan, pemerintahan, pertahanan, pertanian, medis, ritel, kebutuhan akan server, pusat data, workstation atau tempat kerja, presentasi, layanan keamanan siber, pencegahan epidemi, dan iklan luar ruang.

Untuk Anda yang membeli laptop TKDN dari Acer akan mendapat benefit lain berupa nilai tambah dari Acer for Indonesia, diantaranya:

  1. Jaminan penyelesaian purna jual dengan waktu yang pasti di seluruh Indonesia
  2. Garansi tambahan 1 tahun untuk suku cadang tanpa biaya
  3. Garansi jasa perbaikan purna jual 3 tahun tanpa biaya
  4. Pemeriksaan kesehatan dan asesmen siber pada website
  5. Akses khusus untuk informasi produk dan teknis di 1500-155.

Untuk melihat produk TKDN lainnya dari Acer, Anda bisa mengetahui informasinya dengan klik tautan berikut.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya