27 Februari 2023

AMI Berkontribusi atas Transformasi Digital Pendidikan Indonesia Melalui TKDN

Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang, termasuk di bidang pendidikan, membuat istilah pendidikan digital semakin dikenal luas. Pendidikan digital adalah pendidikan yang mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya ke dalam mata pelajaran, namun juga ke dalam proses manajemen pendidikan itu sendiri.

Selain istilah pendidikan digital, dikenal juga istilah transformasi digital pendidikan yang merupakan sebuah proses perubahan pola pikir manusia dalam pembelajaran, dari yang semula tradisional menjadi lebih modern dengan bantuan teknologi digital. Hal ini meliputi terjadinya digitalisasi pendidikan, yakni penerapan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, yang memungkinkan siswa dan guru saling terhubung secara digital. 

Contoh transformasi digital dalam pendidikan yaitu berkembangnya budaya belajar online, baik di sekolah formal, maupun di tempat bimbingan belajar. Budaya belajar online ini berkembang akibat adanya peningkatan penggunaan teknologi di masa pandemi karena siswa dan guru tidak bisa saling bertatap muka selama masa PPKM. Namun, hal tersebut rupanya berdampak baik pada transformasi dunia pendidikan di era digital saat ini karena masyarakat menjadi paham mengapa transformasi digital penting untuk dilakukan.

Terlaksananya transformasi digital pendidikan di Indonesia didukung oleh berbagai pihak, salah satunya Acer Manufacturing Indonesia (AMI), pabrik perakitan produk Acer yang terletak di kawasan terpadu Marunda Center, Marunda, Bekasi. Seperti apa komitmen AMI dalam transformasi digital pendidikan di Indonesia?

Komitmen Acer Manufacturing Indonesia atas Transformasi Digital Pendidikan

Beroperasi sejak tahun 2012, AMI telah berhasil untuk senantiasa menghadirkan inovasi dan menegaskan komitmennya untuk memproduksi serta merakit perangkat teknologi berkualitas di Indonesia sesuai dengan standar global. Sebagai bagian dari Acer Group yang merupakan perusahaan teknologi berkelas dunia, AMI menawarkan berbagai pilihan produk seperti Chromebook, laptop Windows, desktop, All-in-One (AIO), mini-PC, server, monitor, hingga proyektor untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang sangat beragam.

Berbagai produk teknologi yang diproduksi oleh AMI telah membantu mendorong terlaksananya transformasi digital pendidikan di Indonesia karena tanpa adanya sarana berupa produk teknologi yang memadai, transformasi digital pendidikan akan sulit untuk terlaksana. Berbagai produk teknologi dari AMI telah membantu baik siswa, guru, maupun instansi sekolah untuk bisa melakukan kegiatan belajar mengajar secara digital melalui laptop maupun PC. Tidak hanya di bidang pendidikan, AMI juga berkontribusi untuk menunjang transformasi digital pada sektor usaha, content creator, perusahaan (enterprise), pemerintahan, dan masih banyak bidang lainnya.

Standar Global dan Pemenuhan TKDN

AMI juga berkomitmen untuk mendukung program Pemerintah dalam Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dengan memenuhi persyaratan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan meningkatkan kapasitas produksinya. AMI memanfaatkan inovasi dan teknologi terkini untuk menghasilkan berbagai produk berkualitas dan berstandar global. Hal ini tentunya sejalan dengan tujuan pemerintah untuk memberdayakan dan memperkuat industri dalam negeri, sekaligus mengoptimalkan penggunaan produk dalam negeri, termasuk pada pengadaan barang atau jasa pemerintah.

Pencapaian AMI dalam memenuhi ketersediaan produk teknologi informasi yang unggul dan melampaui persyaratan TKDN dan Bobot Manfaat Perusahaan (BMP) lebih dari 40%, menjadikan AMI sebagai satu-satunya perusahaan global di Indonesia yang menawarkan produk teknologi dalam negeri terlengkap. Oleh karena itu, Acer pun mendapat kepercayaan untuk menjadi mitra pemerintah dalam pengadaan perangkat teknologi, di antaranya yaitu Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Direktorat Jenderal Pajak, dan sejumlah bank BUMN.

Guna memberikan nilai tambah bagi produk teknologi berkualitas yang dihadirkan, Acer juga menyediakan jaminan servis produk yang diproduksi oleh AMI. Selain itu, Acer juga menawarkan sejumlah keuntungan lain untuk pelanggan, di antaranya yaitu potongan harga untuk pembelian produk, potongan harga untuk biaya layanan teknis, serta potongan harga untuk pembelian aksesoris maupun upgrade perangkat. Pelanggan juga dapat memanfaatkan layanan konsultasi produk secara online yang tersedia gratis.

Bagi guru maupun kepala sekolah yang ingin mendorong terlaksananya transformasi digital pendidikan, dapat menggunakan berbagai produk teknologi dari Acer untuk memenuhi kebutuhan sarana teknologi di sekolah. Siswa pun juga bisa menggunakan berbagai produk teknologi canggih dari Acer untuk menunjang kegiatan belajarnya di rumah, di tempat les, maupun di sekolah.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya