27 Juli 2023

4 Chromebook Acer Terbaik untuk TIK Sekolah

Salah satu materi yang wajib diajarkan di sekolah berdasarkan Kurikulum Merdeka yaitu Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Materi ini wajib diajarkan agar siswa dapat mengikuti perkembangan zaman dan mampu memiliki daya saing global. Agar pemberian materi TIK kepada siswa dapat berjalan dengan baik, tentunya guru membutuhkan sarana pembelajaran berupa komputer atau laptop, sehingga siswa tidak hanya menerima teori saja, namun juga dapat mempraktikkan materi yang diterima melalui laptop. Salah satu laptop yang direkomendasikan untuk keperluan belajar mengajar yaitu laptop chromebook, utamanya yang bersertifikat TKDN.

Apa Itu Chromebook TKDN?

Chromebook adalah jenis laptop yang menggunakan sistem operasi Chrome OS yang dikembangkan oleh Google. Laptop ini umumnya memiliki desain yang ringan, tipis, dan portabel, dengan tujuan untuk memudahkan pengguna membawa laptop ini ke manapun mereka pergi. Chromebook lebih ditujukan bagi pengguna yang banyak menggunakan aplikasi web browser untuk mengerjakan berbagai aktivitas online dalam kesehariannya. Hal ini dikarenakan  chromebook memiliki penyimpanan internal yang terbatas dan lebih bergantung pada layanan cloud-based untuk penyimpanan data.

Sementara itu, chromebook TKDN adalah produk chromebook yang memiliki sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri, yang merupakan besarnya komponen dalam negeri pada suatu produk. TKDN dapat dilihat dari segi bahan baku penyusun produk, proses pembuatan produk, maupun Sumber Daya Manusia (SDM) yang digunakan dalam pembuatan produk. Jadi, chromebook TKDN merupakan produk chromebook yang komponen penyusunnya, baik dari segi bahan baku, proses, maupun SDM-nya menggunakan produk dalam negeri. 

Pemanfaatan Chromebook untuk TIK di Sekolah

Dilihat dari performanya, chromebook merupakan jenis laptop yang cocok digunakan di lingkungan sekolah, terutama untuk mengenalkan materi TIK kepada para siswa. Laptop ini cocok bagi siswa karena kebutuhan siswa sekolah masih terbatas pada pengerjaan tugas yang belum membutuhkan berbagai aplikasi berat. Mereka cenderung menggunakan web browser untuk melakukan browsing, serta menggunakan aplikasi olah dokumen seperti Microsoft Office atau Google Office untuk mengerjakan tugas-tugas dari sekolah, seperti membuat makalah, laporan, atau presentasi.

Laptop jenis chromebook juga merupakan pilihan terbaik bagi instansi sekolah yang membutuhkan pengadaan produk teknologi untuk laboratorium komputer. Guru dan siswa dapat memanfaatkan chromebook di laboratorium komputer untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara online, baik melalui e-learning ataupun platform pendidikan lainnya.

Pihak sekolah bisa memilih chromebook bersertifikasi TKDN untuk pengadaan pada instansinya masing-masing. Dengan menggunakan chromebook TKDN, sekolah dapat turut berkontribusi membantu program pemerintah dalam Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) demi memajukan perekonomian dalam negeri. Selain itu, penggunaan produk TKDN juga dapat meningkatkan daya saing produk dalam negeri agar tidak kalah dengan produk-produk impor.

Rekomendasi Chromebook TKDN Acer

Bagi pihak sekolah yang membutuhkan produk chromebook TKDN untuk pengadaan di instansinya masing-masing, berikut beberapa rekomendasi chromebook TKDN terbaik yang bisa dipilih:

1. Acer Chromebook Spin 511 (R752T/R752TN)

Rekomendasi pertama yaitu Acer Chromebook Spin 511 (R752T/R752TN) yang hadir dengan sistem operasi Chrome OS dengan prosesor Intel Celeron N4120. Chromebook ini sangat compact dengan desain elegan dan bobot sekitar 1.25 kg. Laptop ini juga semakin cantik dengan layar 11.6 inci berteknologi IPS (In-Plane Switching) dan resolusi HD 1366 x 768 Acer ComyfyView. Layar laptop ini juga telah dilengkapi high-brightness LED-backlit TFT LCD dan grafis Intel UHD Graphics 600. Untuk kapasitas penyimpanannya, Acer Chromebook Spin 511 (R752T/R752TN) memiliki penyimpanan 64GB eMMC dengan RAM up to 8GB. Chromebook ini juga dilengkapi HD camera dengan resolusi 1280 x 720 dan fitur high dynamic range imaging (HDR). Selain itu, chromebook ini juga memiliki daya tahan baterai yang awet hingga 10 jam.

2. Acer Chromebook R752T-R

Rekomendasi berikutnya yaitu Acer Chromebook R752T-R yang dapat dilipat menjadi sebuah tablet. Laptop ini juga memiliki layar sentuh lengkap dengan Acer Active Pen (Powered by Wacom), sangat cocok digunakan untuk pembelajaran TIK di kelas. Acer Chromebook R752T-R dibekali prosesor Intel Celeron Dual Core dengan sistem operasi Chrome OS & Chrome Education Upgrade, sehingga dapat diandalkan untuk mengerjakan berbagai aktivitas belajar online. Chromebook ini memiliki ukuran layar sebesar 11.6 inci dengan teknologi IPS . Selain itu, Acer Chromebook R752T-R juga memiliki penyimpanan internal sebesar 64GB eMMC dengan RAM 4GB. Daya tahan baterainya pun tinggi hingga mencapai 12 jam.

3. Acer Chromebook 311 (CB311-9HT)

Selanjutnya ada Acer Chromebook 311 (CB311-9HT) yang ditenagai oleh Intel Celeron N4020 / N4120, dengan sistem operasi Chrome OS. Chromebook ini sangat compact dengan bobot sekitar 1.06 kg. Dari segi layar, Acer Chromebook 311 (CB311-9HT) ini menggunakan layar IPS berukuran 11.6 inci dengan resolusi HD 1366 x 768. Laptop ini juga dilengkapi teknologi high-brightness Acer CineCrystal LED-backlit TFT LCD, serta grafis Intel UHD Graphics 600. Untuk kapasitas penyimpanannya yaitu 32 GB eMMC dengan RAM 4 GB onboard LPDDR4. Di samping itu, laptop ini juga bisa digunakan seharian dengan baterai yang tahan hingga 10 jam. Acer Chromebook 311 (CB311-9HT) juga memiliki HD camera dengan resolusi 1280 x 720, fitur HDR, dan 88 degree wide angle lens.

4. Acer Chromebook 311 (C733/C733T)

Rekomendasi chromebook terakhir yaitu Acer Chromebook 311 (C733/C733T) yang ditenagai oleh Intel Celeron N4020 / N4120 dengan sistem operasi ChromeOS. Chromebook ini memiliki layar IPS berukuran 11.6 inci dengan dilengkapi Intel UHD Graphics 600. Layar laptop ini juga sudah HD dengan resolusi 1366 x 768 dan teknologi high-brightness Acer ComyfyView LED-backlit TFT LCD. Untuk kapasitas penyimpanan, chromebook ini memiliki penyimpanan hingga 64GB eMMC dengan RAM hingga 8GB DDR4. Acer Chromebook 311 (C733/C733T) juga semakin lengkap dengan HD camera beresolusi 1280 x 720 dan fitur HDR.

Berbagai produk chromebook TKDN Acer dapat menjadi pilihan bagi guru maupun siswa untuk menunjang kegiatan belajar mengajar TIK di sekolah. Selain itu, chromebook TKDN Acer juga dapat digunakan untuk mengakses platform e-learning yang digunakan oleh masing-masing satuan pendidikan.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya