12 April 2023

Cara Membuka Lapangan Pekerjaan hingga Manfaat yang Dihasilkan

Salah satu masalah yang dihadapi Indonesia hingga saat ini adalah masalah pengangguran. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) per Agustus 2022, tingkat pengangguran di Indonesia adalah sebesar 5,86 persen. Pada tahun tersebut, sebanyak 8,42 juta warga Indonesia tidak memiliki pekerjaan. Untuk mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia, dibutuhkan lapangan pekerjaan yang cukup dan memadai bagi warga Indonesia yang berusia produktif. Namun, membuka lapangan pekerjaan tentunya bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Pengertian Membuka Lapangan Pekerjaan

Membuka lapangan pekerjaan merujuk pada proses menciptakan kesempatan kerja bagi para pencari kerja di suatu daerah atau wilayah. Menciptakan kesempatan kerja untuk sebagian orang dapat menjadi solusi untuk mengurangi tingkat pengangguran serta memperbaiki kondisi ekonomi suatu negara. Menyediakan lapangan pekerjaan yang memadai bagi warganya memang merupakan salah satu kewajiban pemerintah suatu negara, namun kita sebagai warga biasa pun juga dapat membantu pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan. Salah satunya adalah dengan membangun usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Manfaat Membuka Lapangan Pekerjaan

Membuka lapangan pekerjaan dapat membawa manfaat yang besar bagi suatu negara atau wilayah. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh di antara lain:

  • Mengurangi angka pengangguran di suatu wilayah
  • Meningkatkan perekonomian di suatu wilayah
  • Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  • Mengurangi kesenjangan sosial
  • Meningkatkan produktivitas dan inovasi

Dengan manfaat-manfaat tersebut, tentunya dapat membuat suatu wilayah menjadi lebih berkembang dan maju. Jika banyak daerah di suatu negara yang mengalami kemajuan pesat, maka dapat berpengaruh juga kepada kemajuan negara sebagai satu kesatuan.

Penyedia yang Wajib Membuka Lapangan Pekerjaan

Membuka lapangan pekerjaan sejatinya menjadi tanggung jawab bersama bagi berbagai pihak, termasuk pemerintah, perusahaan, dan masyarakat. Namun, terdapat beberapa penyedia yang dianggap wajib untuk membuka lapangan pekerjaan, antara lain:

1. Pemerintah

Pemerintah memiliki tanggung jawab paling besar dan utama dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi seluruh warganya. Pemerintah harus bisa menciptakan iklim investasi yang kondusif bagi perusahaan, memberikan insentif pajak atau bantuan keuangan bagi perusahaan yang membuka lapangan pekerjaan, serta mengembangkan program pelatihan kerja yang berguna untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan para pencari kerja.

2. Perusahaan

Selain pemerintah, perusahaan juga memiliki tanggung jawab untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Perusahaan dapat menciptakannya dengan membuka cabang perusahaan terutama pada daerah-daerah yang lebih membutuhkan lapangan pekerjaan. Selain itu, perusahaan juga dapat membuka peluang kerja melalui program magang atau pelatihan, serta memberikan kompensasi yang adil dan layak bagi para pekerjanya.

3. Masyarakat Umum

Masyarakat secara umum juga dapat berkontribusi untuk membantu pemerintah dan perusahaan dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi para pencari kerja yang membutuhkan. Salah satu caranya adalah dengan membuka UMKM. Adanya UMKM dapat membantu menyerap tenaga kerja di wilayah sekitar tempat UMKM tersebut didirikan, terutama bagi para pencari kerja yang tidak memiliki pengalaman pendidikan yang cukup untuk melamar kerja di perusahaan besar.

4. Lembaga Pendidikan

Lembaga pendidikan seperti sekolah, universitas, serta lembaga pelatihan kerja juga memiliki peran yang penting dalam membantu suatu negara menyediakan lapangan pekerjaan bagi warga negaranya. Lembaga pendidikan dapat memberikan pengajaran serta pelatihan keterampilan yang dibutuhkan oleh para pencari kerja. Selain itu, lembaga pendidikan juga dapat membantu masyarakat untuk mengembangkan keterampilan kewirausahaan yang dimiliki agar dapat termotivasi untuk membuka UMKM.

5. Organisasi Non-Pemerintah

Organisasi non-pemerintah atau dalam bahasa Inggris disebut juga sebagai non-governmental organization (NGO), juga dapat turut membantu suatu negara dalam menciptakan lapangan pekerjaan. Umumnya, cara yang bisa dilakukan oleh NGO adalah dengan memberikan pelatihan keterampilan, membimbing seseorang yang baru akan membuka UMKM, serta memberikan bantuan keuangan bagi para pengusaha. NGO juga bisa membantu masyarakat luas dalam mengembangkan skill serta pengetahuan yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan pasar kerja yang terus berkembang.

Cara Membuka Lapangan Pekerjaan

Membuka lapangan pekerjaan memang bukan hal yang mudah, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Terdapat beberapa cara untuk membuka lapangan pekerjaan, antara lain:

1. Meningkatkan Investasi

Pemerintah dapat meningkatkan investasinya di berbagai sektor, seperti infrastruktur, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. Dengan begitu, akan lebih banyak tercipta perusahaan yang mampu menyerap berbagai tenaga kerja dari seluruh wilayah Indonesia.

2. Mendorong Pertumbuhan UMKM

UMKM dapat menjadi sumber lapangan pekerjaan yang signifikan bagi masyarakat, terutama yang tinggal di daerah pedesaan atau jauh dari kota besar. Oleh karena itu, pemerintah sebaiknya memberikan dukungan untuk pertumbuhan UMKM, seperti bantuan keuangan, pelatihan, dan pendampingan.

3. Menyediakan Pelatihan Kerja

Pemerintah juga dapat menyediakan pelatihan kerja bagi para pencari kerja, khususnya bagi mereka yang belum memiliki keterampilan dan belum memiliki pengalaman kerja. Dengan meningkatkan skill yang dimiliki, tentunya akan lebih besar juga kesempatan bagi mereka untuk mendapat pekerjaan.

4. Meningkatkan Kemampuan Kewirausahaan

Pemerintah juga bisa memberikan dukungan bagi masyarakat untuk meningkatkan kemampuan kewirausahaan yang dimiliki. Dukungan ini dapat berupa pelatihan kewirausahaan, penyediaan bantuan keuangan bagi UMKM, serta fasilitas pendukung lainnya.

5. Meningkatkan Akses ke Pendidikan

Untuk bisa mendapat pekerjaan, umumnya dibutuhkan pengalaman pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan tersebut. Oleh karena itu, pemerintah harus memastikan bahwa masyarakat bisa mengakses pendidikan yang berkualitas dengan mudah. Pemerintah juga bisa menyediakan bantuan biaya pendidikan bagi siswa-siswi yang kurang mampu.

6. Mengembangkan Industri Kreatif

Di zaman teknologi yang sudah canggih ini, industri kreatif dapat menjadi sumber lapangan pekerjaan yang potensial bagi masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah bisa mulai berinvestasi dan mengembangkan industri kreatif serta memberikan dukungan untuk pertumbuhannya. Dukungan ini dapat berupa penyediaan bantuan keuangan atau pelatihan keterampilan.

Contoh Membuka Lapangan Pekerjaan

Terdapat beberapa contoh dari upaya menciptakan lapangan pekerjaan yang dilakukan berbagai pihak di Indonesia. Salah satu contoh nyatanya yaitu program Prakerja yang diadakan pemerintah. Program ini merupakan program pelatihan kerja bagi masyarakat agar dapat mengembangkan pengetahuan dan skill yang dimiliki demi mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja nanti. Program ini dilaksanakan dengan bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk lembaga penyedia pendidikan. Selain itu, pemerintah juga memberikan bantuan keuangan dan fasilitas pendukung lainnya bagi para peserta pelatihan.

Di samping program Prakerja, contoh upaya membuka lapangan pekerjaan lainnya yakni program bantuan dana untuk UMKM. Saat pandemi Covid 19 lalu, banyak sekali UMKM di Indonesia yang terdampak dan harus mengalami kerugian akibat sepinya pengunjung atau pembeli. Untuk membantu UMKM bisa bangkit kembali dari keterpurukan, pemerintah mengadakan program bantuan dana untuk UMKM terdampak pandemi. Dengan bantuan dana yang diberikan tersebut, diharapkan UMKM dapat perlahan-lahan bangkit dan beroperasi kembali sehingga para karyawan UMKM dapat kembali bekerja dan mendapatkan penghasilan.

Salah satu perusahaan yang turut berkontribusi untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat adalah Acer for Indonesia. Dengan komitmennya untuk menciptakan berbagai produk teknologi dengan tingkat TKDN tinggi, Acer for Indonesia telah memiliki pusat manufakturnya sendiri di Indonesia bernama Acer Manufacturing Indonesia (AMI) yang terletak di Marunda Center Bekasi. AMI yang telah beroperasi selama 11 tahun ini telah memberikan kontribusi yang nyata untuk menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat luas di bidang produksi perangkat teknologi.

Demikian penjelasan mengenai cara membuka lapangan pekerjaan beserta manfaat yang dapat dihasilkan. Melalui pembahasan ini, semoga dapat menginspirasi pemerintah, perusahaan, maupun masyarakat luas agar termotivasi untuk turut berkontribusi dalam membuka lapangan pekerjaan demi membangun negeri tercinta.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya