8 Maret 2022

Tak Disangka, Berikut Dampak Saat Kita Menggunakan produk Indonesia

Produk lokal adalah hasil produksi dalam negeri atau biasa Anda lihat dengan label “made in Indonesia”. Ternyata hal semudah membeli produk Indonesia bisa mendatangkan banyak manfaat. Apa saja?

  1. Meningkatkan lapangan kerja 
    Bangga produk Indonesia dengan turut menggunakan produk dalam negeri dapat meningkatkan lapangan kerja di dalam negeri. Jika banyak produk yang dibeli, artinya permintaan produk tersebut akan meningkat. Untuk memenuhi permintaan yang banyak, produksi harus ditingkatkan dalam jumlah waktu yang tetap sehingga pekerja harus ditambah. Orang juga akan terdorong untuk membuka bisnis baru dalam memenuhi peningkatan permintaan barang. Hal ini membuka lapangan kerja baru di dalam negeri dan mengurangi tingkat pengangguran.
  1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat 
    Ekonomi dalam negeri yang meningkat juga berarti bertambahnya lapangan pekerjaan, hal ini tentu saja dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam negeri. Adanya pekerjaan dan peluang bisnis meningkatkan pendapatan masyarakat dan juga mengurangi kesenjangan sosial yang terjadi. 
  1. Meningkatkan ekonomi dalam negeri
    Dilansir dari Center for Community Economic Development, saat uang dikeluarkan di dalam negeri seperti saat masyarakat membeli produk lokal, maka uang tersebut akan bersirkulasi di dalam negeri dan meningkatkan aktivitas ekonomi dalam negeri. Hal ini berarti memberi produk lokal dapat meningkatkan ekonomi dan juga menjaga bisnis lokal tetap hidup.
  1. Mengurangi angka kriminalitas
    Bangga produk Indonesia dengan menggunakan dan membeli produk Indonesia sama dengan mensejahterakan masyarakat. Dalam masyarakat yang sejahtera, angka kriminalitas akan menurun. Hal ini karena masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa harus melakukan kejahatan atau kriminalitas.
  1. Harga yang murah 
    Produk dalam negeri cenderung memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan produk luar negeri yang dikenai oleh tariff bea masuk, pajak impor, dan dipengaruhi oleh kurs mata uang asing yang bisa lebih tinggi dari rupiah. 
  1. Meningkatkan kualitas produk lokal
    Kegiatan ekonomi dalam negeri yang meningkat akan dibarengi dengan meningkatnya kualitas produk dalam negeri. Kualitas yang bagus serta regulasi ekonomi yang baik akan memberikan peluang terbukanya ekspor ke luar negeri atau pasar internasional. Jalan ekspor yang terbuka akan meningkatkan devisa negara sehingga ekonomi negara juga akan meningkat. Peningkatan ekonomi negara dapat menunjang perkembangan pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur demi masyarakat yang sejahtera. 

Acer sebagai salah satu perusahaan teknologi komunikasi informasi terkemuka di dunia yang berdiri sejak tahun 1976, sudah turut serta membangun Indonesia selama lebih dari 22 tahun dan turut memberi kontribusi dengan menyediakan teknologi yang bisa mempermudah masyarakat mendapatkan produk Indonesia pilihan mereka. Ini karena Acer hadir untuk menghilangkan batasan antar manusia dan teknologi, guna menggapai masa depan yang lebih baik. 
Acer menciptakan kerjasama yang harmonis antar perangkat keras, perangkat lunak, solusi, serta layanan purna jual, dipadukan dengan talenta lokal berkualitas. Acer for Indonesia, hadir sebagai solusi pendukung transformasi digital terbaik bagi pelanggan, pelaku bisnis, lembaga pemerintah, korporasi maupun dunia pendidikan. Hubungi kami untuk mengetahui info lebih lengkap tentang Acer for Indonesia.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya